Buntut kisruh tim, Dua ofisial Belarusia dicabut akreditasinya

id Olimpiade Tokyo,atlet belarusia,sprinter belarusia

Buntut kisruh tim, Dua ofisial Belarusia dicabut akreditasinya

Sprinter Belarus Krystsina Tsimanouskaya bertemu dengan Menteri Luar Negeri Austria Magnus Brunner saat singgah di bandara Schwechat di Wina, Austria, 4 Agustus 2021. (via REUTERS/Federal Chancellory of Austria)

...Mereka telah dibawa keluar dari perkampungan Olimpiade dan akan pulang
Jakarta (ANTARA) - Dua ofisial Olimpiade Belarusia yang terlibat dalam upaya memaksa sprinter Krystsina Tsimanouskaya untuk keluar dari Olimpiade Tokyo telah dicabut akreditasinya dan akan meninggalkan Tokyo.

Artur Shumak dan Yuri Moisevich, yang namanya telah disebutkan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam insiden itu awal pekan ini, telah dibawa keluar dari Kampung Atlet tempat tim Olimpiade menginap.

IOC telah meluncurkan proses penyelidikan resmi terhadap dua ofisial tim tersebut dua hari lalu.

"Keduanya telah dicabut akreditasinya," kata sumber yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Reuters, Jumat, (6/8).

"Mereka telah dibawa keluar dari perkampungan Olimpiade dan akan pulang."

Tsimanouskaya tiba di Warsawa pada Rabu malam setelah menolak instruksi pelatihnya untuk kembali ke tanah airnya. Dia mencari perlindungan kepada polisi Jepang dan ditawari visa kemanusiaan oleh otoritas Polandia.

Atlet berusia 24 tahun itu membuat kehebohan, Minggu, ketika dia mengatakan bahwa pelatihnya, yang marah karena kritikan soal olahraga, memaksa dia untuk berkemas dan pergi ke bandara bahkan sebelum dia berkompetisi di Tokyo.

Baca juga: Atlet Belarusia tinggalkan Jepang untuk berlindung di Negara Polandia

Dia menolak untuk naik pesawat pulang dan mencari perlindungan dari polisi Jepang di bandara dan kemudian tinggal di kedutaan Polandia selama dua malam sebelum terbang ke Warsawa melalui Wina.

Baca juga: Atlet Belarus tiba di Polandia sebagai pengungsi usai konflik tim

Komite Olimpiade Nasional Belarusia pada saat itu mengatakan pelatih menarik Tsimanouskaya dari Olimpiade atas saran dokter mengenai keadaan emosional dan psikologisnya. NOC Belarusia hingga saat ini belum memberikan pernyataan lebih lanjut mengenai insiden tersebut.