Kominfo ajak pemuda tingkatkan kemampuan digitalnya lewat DTS

id Digital Talent Scholarship,Talenta digital,Kominfo,Literasi digital,Transformasi digital

Kominfo ajak pemuda tingkatkan kemampuan digitalnya lewat DTS

Informasi pendaftaran pelatihan Online Academy di program Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. (kominfo.go.id)

"Bagi mereka yang ingin mendalami, khususnya para pelajar yang sudah lulus itu bisa mengikuti program selanjutnya yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM kominfo, berbagai pelatihan terkait dengan keahlian IT
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak generasi muda meningkatkan kemampuan digital meliputi big data, machine learning, hingga kecerdasan artifisial dengan mengikuti program Kominfo Digital Talent Scholarship (Kominfo DTS).

"Bagi mereka yang ingin mendalami, khususnya para pelajar yang sudah lulus itu bisa mengikuti program selanjutnya yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM kominfo, berbagai pelatihan terkait dengan keahlian IT," ujar Direktur Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Boni Pudjianto dalam acara virtual, Selasa.

Boni mengatakan melalui program itu, para peserta akan mendapatkan pelatihan terkait keahlian di bidang teknologi, mulai dari mengenai big data, machine learning, kecerdasan artifisial, hingga data scientist.

Lewat program ini, Kominfo ingin mencetak 100 ribu talenta digital yang terampil di bidang IT dan siap meningkatkan kontribusi bagi digital ekonomi di Indonesia.

"Jangan sia-siakan kesempatan yang luar biasa ini agar dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia semua. Silakan berkompetisi untuk mendapatkannya, dan terbuka untuk umum," kata Boni seraya menegaskan bahwa program itu dapat diikuti secara gratis.

Baca juga: Kominfo gandeng pemda tingkatkan kepercayaan masyarakat
Baca juga: Kenali 5 modus penipuan online


Kementerian Kominfo menargetkan program Digital Talent Scholarship bisa merekrut 40 ribu peserta lagi, dari total target 100 ribu peserta.

"Total kita masih 60 ribu capaiannya, karena ini masih di bulan Agustus, kita harapkan di bulan September, Oktober sampai November ini bisa mencapai target 40 ribu lagi," kata Kepala Badan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Hary Budiarto, Jumat.

Indonesia setidaknya membutuhkan 9 juta talenta digital hingga 2030 nanti, untuk itu pemerintah berupaya mencetak talenta digital setiap tahun. Kominfo membagi program talenta digital ini menjadi tiga tingkat.

Pada tingkat dasar, Kominfo mengadakan literasi digital. Porsi untuk literasi digital menjadi yang paling banyak dari seluruh program, yaitu 12.448.750 masyarakat.

Program Digital Talent Scholarship termasuk tingkat menengah dengan target 100 ribu peserta.

Di tingkat mahir, terdapat pelatihan intensif Digital Leadership Academy untuk 300 peserta, yang merupakan pimpinan aparatur sipil negara maupun swasta.