Kemenkes optimis 100 juta vaksinasi akhir Agustus

id COVID-19,Vaksinasi

Kemenkes optimis 100 juta vaksinasi akhir Agustus

Tangkapan layar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi dalam acara Siaran Pers PPKM secara daring di Jakarta, Rabu (25/8/2021). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti

...Kita menargetkan di akhir Agustus akan memvaksinasi 100 juta orang lebih

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan Kementerian Kesehatan melakukan kegiatan vaksinasi dengan menargetkan 100 juta orang lebih pada akhir Agustus 2021.

“Kita menargetkan di akhir Agustus akan memvaksinasi 100 juta orang lebih. Artinya, kita bisa mencapai 50 juta kedua hanya kurang lebih tujuh minggu sejak 50 juta vaksinasi pertama,” kata Nadia dalam acara Siaran Pers PPKM secara daring di Jakarta, Rabu, (25/8).

Hal tersebut gencar dilakukan guna menekan angka kematian nasional. Dia mengatakan, pihaknya selalu memastikan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi lengkap, terutama pada masyarakat rentan seperti kelompok lanjut usia, ibu hamil, dan orang dengan penyakit penyerta.

"Untuk menekan angka kematian ini, harus dimulai dari tahap paling awal yaitu mencegah penularan COVID-19 itu sendiri. Pastikan seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan juga memastikan masyarakat mendapatkan vaksinasi," tegas dia.

Ia mengungkapkan, Indonesia kini menduduki peringkat keenam di dunia dalam hal jumlah orang yang telah divaksinasi dan peringkat ketujuh dunia dalam hal jumlah dosis vaksin.

Saat ini, total jumlah vaksin COVID-19 yang sudah diamankan oleh pemerintah untuk pelaksanaan program vaksinasi nasional adalah 130 juta dosis.

Dari 116 juta dosis yang sudah terdistribusi ke seluruh daerah di Indonesia, 8,1 juta dosis saat ini dalam tahap pengiriman ke daerah. Sebanyak 5,8 juta dosis merupakan stok yang akan dikemas ulang dan akan segera didistribusikan.

Lebih lanjut Nadia menjelaskan sejak pertama kali vaksinasi dilakukan, warga Indonesia yang telah divaksinasi telah mencapai 50 juta orang di bulan Juli atau dalam kurun waktu 26 minggu.

“Lebih dari 57,78 juta penduduk Indonesia telah divaksin. Dua kali maupun satu kali, sementara untuk jumlah dosisnya kita sudah menyuntikkan sebanyak 91,1 juta dosis vaksin sampai dengan tanggal 24 Agustus kemarin,” kata dia.

Terakhir dia meminta kepada masyarakat, walaupun telah melakukan vaksinasi tetap harus menerapkan protokol kesehatan agar sehat dan terhindar dari virus COVID-19.

Baca juga: Penerima vaksin dosis lengkap di Indonesia capai 32,64 juta

Baca juga: 67 juta dosis vaksin diterima Indonesia selama Agustus 2021


“Upaya untuk terus memperkuat protokol kesehatan harus terus dilakukan. Ingat, meskipun sudah divaksinasi, protokol kesehatan harus tetap diperkuat,” ujar dia mengatakan masyarakat harus terus waspada dan menjalankan protokol kesehatan.

Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021