Pemkab Matim minta kades kreatif kembangkan potensi

id pelantikan kepala desa,manggarai timur,NTT

Pemkab Matim minta kades kreatif kembangkan potensi

Wakil Bupati Manggarai Timur Jaghur Stefanus melantik/mengambil sumpah empat Kepala Desa terpilih periode 2021-2027 di Kecamatan Kota Komba dan Kecamatan Kota Komba Utara, bertempat di Aula Kantor Camat Kota Komba Utara, Jumat (17/9/2021). (ANTARA/Ho-Humas Pemkab Manggarai Timur)

...kepala desa harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi desa dengan berbasis pada kearifan lokal
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, meminta kepala desa kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki untuk kemajuan desa.

"Dengan kemajuan teknologi sekarang, kepala desa harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi desa dengan berbasis pada kearifan lokal," kata Wakil Bupati Manggarai Timur Jaghur Stefanus dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu  (19/9).

Hal itu dia sampaikan saat memberikan sambutan usai melantik/mengambil sumpah empat kepala desa terpilih periode 2021-2027 di Kecamatan Kota Komba dan Kecamatan Kota Komba Utara dan bertempat di Aula Kantor Camat Kota Komba Utara pada Jumat (17/9).

Dia mengatakan, pengembangan potensi desa dengan tetap berbasis pada kearifan lokal dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Jaghur juga menekankan bahwa desa merupakan pilar kokohnya ekonomi daerah.

Oleh karena itu, kepala desa dituntut untuk dapat memanfaatkan, mengeksplorasi, serta mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Dia pun menegaskan bahwa pemerintah desa merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, efektif dan efisien.

Sehingga pemerintah desa harus responsif dan cepat tanggap terhadap permasalahan di masyarakat

Dia berharap masalah di desa dapat diselesaikan di tingkat desa saja dengan komunikasi dan pendekatan keluarga.

“Dalam penyelesaian masalah, sebagai orang Manggarai, kepala desa bisa melakukan pendekatan melalui Tu'a Golo, Tu’a Teno, Tu’a Gendang dan Tu’a Kilo," tutup dia.

Baca juga: Manggarai Timur peringkat pertama di NTT dalam penanganan Tuberkulosis

Adapun keempat kepala desa yang dilantik adalah Kepala Desa Rana Mbeling Kecamatan Komba Utara Samforianus Arifman, Kepala Desa Golo Nderu Kecamatan Komba Utara Ignasius Adiman, Kepala Desa Bamo Kecamatan Kota Komba Nobertus Nekong, dan Kepala Desa Rana Kolong Kecamatan Kota Komba Yesen Ngambut.

Baca juga: Dekranasda Manggarai Timur - Bank NTT kerja sama kembangkan UMKM
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021