Penambahan daya listrik untuk rumah ibadah digratiskan

id PLN

Penambahan daya listrik untuk rumah ibadah digratiskan

Menteri BUMN Rini Soemarmo (kiri) berbincang-bincang dengan GM PLN Wilayah NTT Christiyono dalam pertemuan BUMN di Kupang, Selasa (6/3) malam. (ANTARA Foto/Laurensius Molan)

PT PLN (Persero) Wilayah NTT menyediakan layanan promosi Gemerlap Lebaran 2018 berupa penambahan daya listrik secara gratis untuk rumah-rumah ibadah di provinsi berbasis kepulauan itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur menyediakan layanan promosi Gemerlap Lebaran 2018 berupa penambahan daya listrik secara gratis untuk rumah-rumah ibadah di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Khusus rumah ibadah potongan biaya penyambungan daya listrik yang diberikan sebesar 100 persen atau gratis. Ini bagian dari peran PLN mendukung kecukupan listrik di rumah-rumah ibadah selama Ramadhan," kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN Persero Wilayah NTT, I Made Suprateka di Kupang, Senin (21/5).

Ia mengatakan kebutuhan listrik selama bulan Ramadhan cenderung meningkat sehingga pihaknya memandang penting menghadirkan layanan gratis tersebut untuk meringankan beban masyarakat mendapatkan pasokan daya yang memadai.

Pelanggan rumah-rumah ibadah, katanya, dapat mengajukan tambah daya mulai dari 220 VA (Volt Ampere) sampai 197 kVA (kilo Volt Ampere).

"Penambahan daya ini dapat dilakukan dalam waktu waktu kurang dari 24 jam tanpa mengubah kWh meter pascabayar menjadi prabayar ataupun sebaliknya," katanya.

Baca juga: Elektrifikasi listrik di NTT bergerak lambat

PLN NTT menjamin pasokan listrik di wilayah provinsi setempat aman selama bulan suci Ramadhan 1439 H dengan daya cadangan yang dimiliki sekitar 50 mega watt.

Manager Teknik PT PLN Persero Wilayah NTT I Putu Sudarsa, secara terpisah menjelaskan sistem kelistrikan di provinsi setempat, dari ujung barat Pulau Flores hingga Pulau Rote dalam kondisi kelebihan daya (surplus).

Cadangan daya yang paling banyak terutama pada sistem di Pulau Timor sebesar 30,89 MW dengan sistem yang sudah terinterkoneksi dengan transmisi 70 kilovolt dari Kota Kupang hingga Kabupaten Belu.

Selain itu sistem di Pulau Flores juga memiliki cadangan daya 13,91 MW, Pulau Sumba 2,73 MW, serta pulau-pulau kecil lainnya dengan total sebesar 4,48 MW.

"Jadi untuk dukungan daya selama Ramadhan ini kami pastikan tercukupi karena cadangan daya di semua sistem kami di NTT aman," katanya.

Baca juga: Pasokan Listrik Aman Selama Ramadhan