Bupati Sunur undang Presiden Jokowi ke Lembata

id Ile batutara

Bupati Sunur  undang Presiden Jokowi ke Lembata

Pesona gunung api Batutara di Kabupaten Lembata, NTT saat mengeluarkan larva dalam tempo 20 menit setiap hari. (ANTARA Foto/istimewa)

Bupati Lembata Eliaser Yantji Sunur akan mengundang Presiden Joko Widodo ke Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata pada puncak festival tiga gunung api sekaligus menyaksikan tradisi penangkapan ikan paus oleh nelayan Lamalera pada Oktober 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Bupati Lembata Eliaser Yantji Sunur akan mengundang Presiden Joko Widodo ke Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata pada puncak festival tiga gunung api sekaligus menyaksikan tradisi penangkapan ikan paus oleh nelayan Lamalera pada Oktober 2018.

"Pada puncak perayaan festival tiga gunung api itu, pak bupati (Eliaser Yantji Sunur) berencana akan mengundang Presiden Joko Widodo untuk menyaksikan keunikan gunung api Batutara yang meletus tiap 20 menit itu," kata Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lembata Karolus Kia Burin ketika menghubungi Antara dari Lewoleba, Minggu (27/5).

Pemerintah Kabupaten Lembata di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sedang gencar mempromosikan festival tiga gunung api sebagai destinasi wisata dunia untuk dikunjungi wisatawan mancanegara.

"Lembata memiliki tiga gunung yang sangat indah dan telah ditetapkan sebagai produk baru wisata alam dunia untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Kami terus gencar mempromosikan potensi wisata itu agar lebih dikenal wisatawan mancanegara," kata Kia Burin.

Ketiga lokasi wisata alam itu adalah Gunung Api Batutara, Gunung Api Lewotolok dan Gunung Api Werung yang memiliki keunggulan masing-masing dan mampu memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung ke tanah Lepanbata, sebutan khas Pulau Lembata.

Baca juga: Promosikan tiga gunung untuk wisata dunia
Tradisi nelayan Lamalera Lembata menangkap ikan paus

Ia mengatakan, puncak festival wisata tiga gunung api tersebut akan berlangsung pada Oktober 2018 yang dipadukan dengan kegiatan puncak tradisi perburuan ikan paus oleh nelayan Lamalera di pantai selatan Lembata.

"Pemerintah daerah ini akan mengundang Presiden Joko Widodo ke Lembata untuk melihat berbagai keunggulan wisata yang dimiliki daerah itu termasuk melihat secara langsung tradisi perburuan ikan paus oleh nelayan Lamalera," kata Kia Burin.

Kehadiran Presiden Joko Widodo, kata dia, untuk mendorong percepatan pembangunan di Lembata sebagai daerah 3T yaitu tertinggal, terdepan dan terluar di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Pesona tiga gunung ajang promosi wisata Lembata
Pesona gunung api Lewotolok di Kabupaten Lembata