Bupati Mabar imbau warga taat protokol kesehatan

id omicron,covid-19,vaksin,labuan bajo,manggarai barat,NTT

Bupati Mabar imbau warga taat protokol kesehatan

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan, harus menjadi pola kebiasaan baru yang wajib dilakukan oleh masyarakat
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengimbau warganya menaati protokol kesehatan dan segera mengikuti vaksinasi sebagai upaya mencegah COVID-19, termasuk varian baru Omicron.

"Pertama, protokol kesehatan harus ditaati. Kedua, masyarakat yang belum divaksinasi untuk segera mendapat suntikan vaksin COVID-19," kata bupati yang akrab disapa Edi Endi itu di Labuan Bajo, Sabtu, (4/12).

Dia menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan, harus menjadi pola kebiasaan baru yang wajib dilakukan oleh masyarakat.

Menurut Edi Endi, dengan menaati protokol kesehatan dan menerima suntikan vaksin COVID-19 secara lengkap, maka masyarakat telah turut serta memberikan dukungan terhadap upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Manggarai Barat per 2 Desember 2021, realisasi vaksinasi COVID-19 dosis satu di daerah itu sebanyak 76,5 persen dari 202.827 jiwa sasaran vaksinasi dan dosis dua baru 35,5 persen.

Baca juga: Pemkab Mabar larang ASN cuti Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Dengan persentase vaksinasi yang belum mencapai 100 persen tersebut, Bupati Edi mengajak masyarakat untuk tidak ragu menerima layanan vaksinasi. Melalui percepatan vaksinasi yang dilakukan, dia berharap kekebalan kelompok bisa terwujud.

Baca juga: Pemkab Mabar apresiasi BRIN kembangkan alat deteksi tsunami

Pemerintah daerah, katanya, menjamin stok vaksin di Manggarai Barat masih cukup tersedia untuk disuntikkan kepada warga yang belum tersentuh layanan vaksinasi.

Dia menyebut stok vaksin yang dimiliki Manggarai Barat kini berjumlah 30.000 dosis.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022