Wapres tak prediksi skor timnas Indonesia tapi meyakin Indonesia juara

id wakil presiden ma'ruf amin,ma'ruf amin,final aff,aff 2020,timnas,piala aff

Wapres tak prediksi skor timnas Indonesia tapi meyakin Indonesia juara

Wakil Presiden Ma'ruf Amin di lokasi PT Paragon Technology and Innovation di Kawasan Industri Jatake Tangerang, Banten pada Rabu (29/12/2021). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

...Saya akan menonton di tempat saya. Indonesia bisa juara
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak menyebut prediksi skor pertandingan antara Indonesia melawan Thailand dalam final AFF 2020 namun yakin tim nasional (timnas) akan menang.

"Saya tidak memprediksi, tapi mengharapkan saja bahwa nanti malam memenangkan pertandingan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Banten, Rabu, (29/12)

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga final Piala AFF 2020 yang leg pertamanya digelar di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12).

"Saya akan menonton di tempat saya. Indonesia bisa juara," tambah Wapres.

Sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin pada Sabtu (25/12) menyaksikan pertandingan semifinal leg kedua antara Indonesia melawan Singapura bersama dengan keluarga dan anggota Pasukan Pengamanan Presiden dan Wapres (Paspampres) Grup B di kediaman pribadinya di Tanara, Kabupaten Serang Banten.

"Skor nanti sajalah," ungkap Ma'ruf singkat.

Terkait rencana Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang ingin datang ke Singapura, bahkan hingga ke ruang ganti timnas Indonesia untuk memberikan semangat, Wapres Ma'ruf meminta agar hal tersebut dipertimbangkan manfaatnya.

"Kalau di sana (Iwan Bule) dapat memberi dorongan, motivasi, saya kira tidak masalah supaya semangat anak-anak kita di sana dapat terdorong. Manfaatnya apa di sini dan apa di sana? Kalau di sana bisa kasih motivasi bertanding, ada baiknya pergi ke sana," tambah Wapres.

Dalam kanal Youtube pribadi Iwan Bule, ia melakukan "video call" dengan personel skuad Garuda yaitu Asnawi Mangkualam dan Evan Dimas. Iwan Bule lalu menyebut ia akan berangkat ke Singapura pada Jumat, 31 Desember 2021 dan mengusahakan untuk turun ke tempat ganti pakaian.

Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura, dengan skor 4-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Gol-gol Indonesia dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, bunuh diri bek Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri. Sementara Singapura mempersempit jarak skor berkat gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Baca juga: Fary Francis harapkan timnas tampilkan permainan bervariasi di final

Indonesia berhak ke partai puncak karena leg pertama tuntas dengan skor 1-1.

Bagi skuad "Garuda", itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.

Baca juga: Yabes Roni : timnas capai final piala AFF adalah kado Natal terindah

Final leg pertama AFF 2020 digelar pada 29 Desember sedangkan leg kedua pada 1 Januari 2022. Keduanya akan dimulai pukul 19.30 WIB atau 20.30 pada waktu setempat.