Pentahbisan Uskup Maumere pada September 2018

id Uskup

Pentahbisan Uskup Maumere pada September 2018

Pastor Ewaldus Martinus Sedu yang terpilih menjadi Uskup Maumere menggantikan Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD. (Foto Istimewa)

"Kami sudah bentuk panitia kecil untuk menentukan jadwal penahbisan Romo Ewaldus dan jadwalkan sudah ditetapkan yakni pada 26 September," kata Romo Fidelis Dua.
Kupang (AntaraNews NTT) - Panitia menjadwalkan pentahbisan Romo Ewaldus Martinus Sedu menjadi Uskup Maumere di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, menggantikan Monsinyur (Mgr) Gerulfus Kherubim Pareira, akan dilangsungkan pada 26 September 2018.

"Kami sudah bentuk panitia kecil untuk menentukan jadwal penahbisan Romo Ewaldus dan jadwalkan sudah ditetapkan yakni pada 26 September," kata Ketua Seksi Liturgi Panitia Pentahbisan Romo Ewaldus Sedu menjadi Uskup Maumere, Romo Fidelis Dua, saat dihubungi Antara dari Kupang, Kamis (19/7).

Pada Sabtu (14/7), pukul 18.00 waktu Indonesia, Paus Fransiskus di Vatikan mengangkat Romo Ewaldus Martinus Sedu menjadi Uskup Maumere.

Ewaldus adalah imam Keuskupan Maumere yang selama ini menjabat sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere. Maumere merupakan Keuskupan Sufragan dari Keuskupan Agung Metropolit Ende.

Baca juga: Vatikan tunjuk Ewaldus jadi Uskup Maumere

Fidelis menambahkan lokasi penahbisan Ewaldus menjadi Uskup Maumere akan dilakukan di Stadion Gelora Samador Maumere.

"Hanya saja yang akan menahbiskannya siapa, masih dalam pembicaraan lagi. Namun, kalau dilihat dari pengalaman, biasanya uskup yang digantikan yang akan menahbiskannya," kata dia.

Terkait dengan siapa saja yang akan diundang dalam acara besar tersebut, Romo Fidelis mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat dan pemerintah provinsi akan diundang.

Para uskup di seluruh wilayah provinsi berbasis kepulauan itu, kata Fidelis yang juga Ketua Bidang Pendidikan Keuskupan Maumere itu, juga akan diundang pada acara tersebut.

Ia mengatakan lanjutan rapat panitia akan dilakukan pekan depan untuk membahas berbagai persiapan teknis lainnya.

Baca juga: Uskup Larantuka Tahbiskan 21 Calon Imam Katolik