Dua tempat isolasi terpusat pasien COVID di Kota Kupang kosong

id tempat isolasi kupang,karantina pasien covid,penanggulangan covid,kota kupang

Dua tempat isolasi terpusat pasien COVID di Kota Kupang kosong

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man (kanan) meninjau fasilitas isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 di Balai Pelatihan Tenaga Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kota Kupang. (ANTARA/ Benny Jahang)

​​​​​​​...Pemerintah Kota Kupang tetap menyiapkan fasilitas isolasi terpusat untuk mengantisipasi hal terburuk apabila kasus positif COVID-19 kembali melonjak
Kupang (ANTARA) - Fasilitas karantina di Balai Pelatihan Tenaga Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Puskesmas Penkase Oeleta di Kota Kupang masih kosong, belum ada pasien COVID-19 yang menjalani karantina di kedua tempat isolasi terpusat yang disediakan oleh pemerintah kota itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kupang Ernest Ludji di Kupang, Kamis, (10/3) mengatakan, dua tempat isolasi terpusat itu belum dimanfaatkan karena rumah sakit di Kota Kupang masih bisa menampung pasien COVID-19.

Selain itu, ia melanjutkan, sebagian besar penderita COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Pemerintah akan evaluasi aturan karantina pelaku perjalanan luar negeri

Menurut dia, sebanyak 2.597 dari 2.828 penderita COVID-19 di Kota Kupang menjalani isolasi mandiri di rumah, hanya 231 orang yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Ernest mengatakan bahwa meski kebutuhannya tidak tinggi, pemerintah kota tetap menyediakan fasilitas isolasi terpusat bagi penderita COVID-19 yang membutuhkan tempat karantina.

Baca juga: Pemkot Kupang giatkan pelacakan kasus COVID-19

"Pemerintah Kota Kupang tetap menyiapkan fasilitas isolasi terpusat untuk mengantisipasi hal terburuk apabila kasus positif COVID-19 kembali melonjak," katanya.