Pukat rawe dan mesin tempel untuk nelayan Kupang

id Orson Nawa

Pukat rawe dan mesin tempel untuk nelayan Kupang

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Orson G Nawa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan berupa alat tangkap kepada para nelayan di Kota Kupang seperti pukat rawe, gilnet dan mesin tempel untuk meningkatkan kesejahteraannya.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan berupa alat tangkap kepada para nelayan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur seperti pukat rawe, gilnet dan mesin tempel untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Bantuan alat tangkap itu diprioritaskan untuk para nelayang di Kota Kupang yang berpenghasilan rendah, dan belum memiliki peralatan tangkap yang memadai," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Orson G Nawa kepada Antara di Kupang, Selasa (24/7).

Ia menguraikan bantuan alat tangkap yang diberikan itu terdiri dari enam unit pukat rawe, 12 unit gilet, 50 unit boks pendingin serta enam unit mesin tempel.

"Bantuan yang diberikan sebagai dorongan kepada nelayan Kota Kupang untuk lebih bersemangat mencari nafkah di laut untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga," ujar Orson.

Selain itu, kata dia, penerima bantuan akan lebih mandiri dalam menjalankan usaha penangkapan ikan tanpa harus membeli alat tangkap dengan harga yang lebih mahal.

Menurutnya, setiap tahun pemerintah pusat mengalokasikan bantuan bagi nelayan di Kota Kupang sebagai bentuk perhatian pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan.

"Pemerintah secara rutin memberikan bantuan bagi pemberdayaan kelompok nelayan, sehingga diharapkan penerima bantuan memanfaatkan fasilitas penangkapan ikan itu dengan optimal guna meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga," katanya.

Baca juga: 1.000 nelayan Kota Kupang dilindungi asuransi
Baca juga: Nelayan Kupang bekerja serabutan selama musim paceklik