Sepak Bola - Bintang Timur juara liga pelajar seri NTT

id SSB

Sepak Bola - Bintang Timur juara liga pelajar seri NTT

Tim pelajar U-12 dari SSB Bintang Timur Atambua berpose usai menjuarai Turnamen Liga Pelajar U-12 Piala Menpora 2018 di Lapangan Bali United Kristal FC di Kupang. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur Atambua keluar sebagai juara dalam ajang Liga Pelajar U-12 Piala Menpora 2018 seri NTT setelah berhasil mengalahkan SSB Sikumana Putra Kota Kupang melalui adu pinalti.

Kupang (AntaraNews NTT) - Tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur Atambua, Kabupaten Belu berhasil menjuarai Liga Pelajar U-12 Piala Menpora 2018 seri NTT setelah berhasil mengalahkan SSB Sikumana Putra Kota Kupang melalui adu pinalti dengan skor tipis 1-0.

Ketua Panitia Liga Pelajar U-12 Piala Menpora 2018 Michael Pemi S ditemui Antara di Kupang, Minggu (29/7) mengatakan dengan menjuarai turnamen tersebut maka Bintang Timur Atambua menjadi wakil NTT untuk piala Menpora Seri Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Agustus mendatang.

“Saya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada 20 tim SSB yang telah mengikuti turnamen tersebut dan berjalan dengan baik hingga akhir pertandingan pada malam tadi yang menghasilkan Bintang Timur Atambua menjadi juara dalam turnamen tersebut," katanya. 

Pantauan Antara setiap tim baik Bintang Timur Atambua dan Sikumana Putra masing-masing diberikan tiga penendang. Tiga penendang dari sikumana Putra gagal mengeksekusi pinalti. Sementara Bintang timur dua penendang gagal mengeksekusi pinalti.

Sementara itu, Bupati Belu Willy Lay usai menonton babak final itu mengapresiasi perjuangan dari anak-anak pelajar dari Kabupaten Belu yang bermain untuk SSB Bintang Timur Atambua tersebut. 

"Kami tetap mendukung tim SSB Bintang Timur Atambua yang akan berlaga di Balikpapan, Kalimantan Timur di seri nasional untuk memperebutkan Piala Menpora," katanya.

Menurut dia, turnamen yang dilakukan itu mampu mengasah kemampuan para pemain muda untuk berekspresi dalam mengolah si kulit bundar.

Baca juga: SSB Wakili NTT Dalam Turnamen ASSBI

"Kalau dilakukan terus menerus, saya optimistis suatu saat nanti, NTT akan mendapatkan banyak pesepak bola hebat yang lahir dari SSB di daerah ini," ujarnya.

Sebagai buptai, Willy Lay juga meminta anak-anak agar jangan hanya berprestasi di atas lapangan hijau, tetapi juga di sekolah-sekolah tempat mencari ilmu.

"Di sekolah juga kalian harus berprestasi. Jadi boleh main bola, tapi jangan lupa untuk belajar. Ini yang kami harapkan agar keduanya bisa seiring sejalan," katanya menegaskan.

Sementara itu,  Ketua Sport Intelejen PSSI Pusat, Fary Francis saat menutup event tersebut mengucapkan proficiat atas prestasi yang diraih SSB Bintang Timur Atambua yang keluar sebagai juara dalam ajang tersebut.

"Prestasi hanya bisa diraih lewat latihan yang benar dan disiplin. Di seri nasional nanti, SSB Bintang Timur Atambua diharapkan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi," katanya.

Pertingkat ketiga dalam turnamen itu adalah tim BMU dari Kabupaten Alor. Sementara SSB Maumere Muda tampil sebagai peringkat keempat. Top skore diraih pemain SSB Maumere Muda, Oscar dengan sembilan gol.

Pada turnamen tersebut juga pemain terbaik diberikan kepada Glend yang juga berasal dari SSB Bintang Timur Atambua.

Baca juga: Bintang Timur wakili NTT di DNC nasional