Wagub NTT dorong warga budayakan mencuci tangan

id NTT,cuci tangan,hidup sehat

Wagub  NTT dorong warga budayakan mencuci tangan

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi (kiri) didampingi Head of Public Relations Wings Group Indonesia, Gabriella da Silva (kanan) meresmikan fasilitas mencuci tangan di kawasan wisata Pantai Lasiana, Rabu. (Antara/Benny Jahang)

...Kami akan terus mengkampanyekan Indonesia Bergerak Melawan Kuman dan membangun sarana sanitasi di daerah-daerah terpencil
Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef A Nae Soe mendorong warga membudayakan mencuci tangan menggunakan sabun guna mencegah penyebaran penyakit menular.

"Menjaga kebersihan diri sangatlah penting mulai dari membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun akan membentengi diri dari penyakit menular," kata Josef A Nae Soi saat meresmikan sarana cuci tangan Nuvo di Pantai Lasiana, Kota Kupang, Rabu, (30/3).

PT Wings Group melalui Nuvo bersama UNICEF membangun 150 titik sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Indonesia yang tersebar di tiga provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan menyuarakan pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman guna melindungi diri dari berbagai penyakit menular, termasuk COVID-19.

Josef Nae Soi mengatakan bahwa apa yang dilakukan saat ini adalah langkah cerdas di tengah pandemi COVID-19.

"Pemprov NTT mengucapkan terima kasih karena dengan contoh dan teladan ini bisa menggerakkan dan menarik orang untuk mengikuti bagaimana hidup sehat yang seharusnya kita lakukan dalam kehidupan setiap hari dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun," kata Josef A Nae Soi.

Mantan Anggota DPR-RI ini mendorong masyarakat NTT bersama-sama menjaga kesehatan supaya terbebas dari bahaya kuman penyakit menular.

Sementara itu Head of Public Relations Wings Group Indonesia, Gabriella da Silva menjelaskan di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat 50 sarana cuci tangan pakai sabun yang dibangun yakni Kota Kupang sebanyak 30 titik dan 20 titik berada di Kabupaten Kupang tersebar di sekolah-sekolah dan puskesmas di dua daerah itu.

"Segala hal yang baik dan berkualitas harus dapat diakses oleh semua orang tanpa terkecuali dan ini yang menyebabkan Wings hadir di semua provinsi di Indonesia salah satunya di NTT," kata Gabriella da Silva.

Ia menjelaskan berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa 80 persen penyakit umum diketahui menyebar melalui tangan, terutama pada anak-anak sehingga sangat penting untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga kebersihan tangan.

"Indonesia sendiri ketersediaan fasilitas dasar terkait air, sanitasi dan kebersihan masih menjadi tantangan yang serius," tegasnya.
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi (tengah) bersama Head of Public Relations Wings Group Indonesia, Gabriella da Silva (kiri) mengkampanyekan mencuci tangan dengan sabun di kawasan wisata Pantai Lasiana, Rabu. (Antara/Benny Jahang)


Ia mengatakan sebagai perusahaan yang bergerak dalam usaha sarana kesehatan tetap berkomitmen untuk menghasilkan produk yang baik dan berkualitas sehingga masyarakat mudah untuk akses dengan harga yang terjangkau.

"Kami akan terus mengkampanyekan Indonesia Bergerak Melawan Kuman dan membangun sarana sanitasi di daerah-daerah terpencil, hal ini sudah menjadi komitmen dan kewajiban bagi kami untuk peduli membangun bangsa yang sehat dan terlindungi dari ancaman kuman, virus dan bakteri," kata Gabriela da Silva.

Baca juga: Wagub NTT : UU cipta kerja sederhanakan aturan dan mudahkan investasi

Baca juga: Wagub NTT apresiasi GoTo bantu konsentrator oksigen mengatasi pandemi