Dinas Pariwisata Kupang dilatih dasar-dasar kepariwisataan

id Charles Amekan

Dinas Pariwisata Kupang dilatih dasar-dasar kepariwisataan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang Charles Amekan (ANTARA Foto/Benny Jahang)

"Pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Kupang kurang bergerak cepat karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani bidang pariwisata sangat kurang," kata Charles Amekan.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kementerian Pariwisata akan melatih aparatur sipil negara (ASN)  di lingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur tentang dasar-dasar kepariwisataan guna mendorong percepatan pembangunan pariwisata di daerah tersebut.

"Pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Kupang kurang bergerak cepat karena SDM yang menangani bidang pariwisata sangat kurang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang Charles Amekan ketika dihubungi Antara dari Kupang, Rabu (19/9).

Ia mengatakan, kekurangan SDM bidang pariwisata menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Kami selalu mengusulkan agar ada penambahan formasi pendidikan pariwisata namun belum dapat dipenuhi," ujarnya.

Menurut dia, setiap tahun sejumlah ASN pada Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang diikutkan dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan guna menambah wawasan tentang penataan kepariwisatan.

Baca juga: Pariwisata Kabupaten Kupang terkendala infrastruktur jalan
Baca juga: Pariwisata jadi penggerak ekonomi NTT


"Namun tidak maksimal karena waktu kegiatan pelatihannya hanya berlangsung singkat," katanya.

Charles menambahkan, pada tahun 2019 Kementerian Pariwisata akan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang dasar-dasar kepariwisataan bagi ASN di lingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang.

"Ini merupakan sebuah angin surga bagi kami di daerah. Dan, saya berharap semua ASN yang ada di lingkup Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang ikut serta dalam pelatihan tersebut," demikian Charles Amekan.
Obyek wisata alam Gunung Fatuleu di Kabupaten Kupang (ANTARA Foto/dok)