Pemkot Kupang gelar UKW bagi 30 wartawan

id NTT,UKW NTT,KOTA KUPANG

Pemkot Kupang gelar UKW bagi 30 wartawan

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat memberikan keterangan kepada wartawan dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kupang, Senin (20/6/2022) ANTARA/Benny Jahang

Ini bentuk keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat harus tau apa yang dilakukan pemerintah
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof Dr Moestopo bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mengelar uji kompetensi wartawan (UKW) bagi 30 orang wartawan.

"Pemerintah Kota Kupang menginginkan agar wartawan di daerah ini memiliki integritas dan profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kota Kupang bekerjasama dengan SMSI NTT untuk mengelar kegiatan UKW bagi para wartawan terutama yang bertugas di Kota Kupang," kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat membuka secara resmi kegiatan UKW di Kupang, Senin, (20/06/2022).

Ia menegaskan, Pemerintah Kota Kupang terus membangun kemitraan dengan berbagai media karena media memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan di daerah ini.

Wali Kota Jefri Riwu Kore menegaskan UKW bagi para wartawan sangat penting sehingga para wartawan di Kota Kupang memiliki integritas serta kemampuan yang lebih memadai dalam membuat berita berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang.

"Apabila wartawan memiliki kompeten yang baik sehingga berita-berita yang dipublikasikan menjadi lebih memadai dan tidak membuat berita-berita yang bisa membingungkan publik dan tidak menghakimi," tegasnya.

Dia berharap wartawan di daerah ini agar selalu mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik dalam melakukan peliputan.

"Pemerintah tentu tidak alergi terhadap kritikan dilakukan wartawan, apabila ada persoalan pembangunan agar dikonfirmasi terlebih dahulu dengan pihak terkait sebelum berita dipublikasikan sehingga ada keseimbangan dalam informasi," tegas Wali Kota Jefri Riwu Kore dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta.

Ia mengungkapkan, kerja sama dengan media sangat diperlukan untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat mengenai kerja-kerja pemerintah sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat.

“Ini bentuk keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat harus tau apa yang dilakukan pemerintah,” kata Jeriko.

Pada momentum kegiatan UKW itu SMSI NTT memberikan penghargaan "Sahabat Pers NTT" kepada Wali Kota Kupang karena memiliki komitmen dalam membangun kerjasama media selama pandemi COVID-19.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang, Joseph Leonard Kale mengatakan jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti UKW tahun 2022 dilakukan Pemerintah Kota Kupang mencapai 46 orang namun yang diterima untuk mengikuti UKW sebanyak 30 orang.
 
Baca juga: Pemkot Kupang dukung gerakan pembumian Pancasila di NTT

Baca juga: Pemkot Kupang bantu fasilitas rumah ibadah


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Kupang gelar UKW bagi 30 orang wartawan