Pilot Pesawat T-50i Golden Eagle jatuh dipastikan gugur

id pesawat jatuh,pesawat jatuh di blora,lettu penerbang alan,pesawat golden eagle,lanud iswahjudi,TNI AU,lettu penerbang al

Pilot Pesawat T-50i Golden Eagle jatuh  dipastikan gugur

Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi semasa hidup. ANTARA/HO-Peau Lanud Iswahjudi

Kecelakaan pesawat itu menyisakan duka mendalam...
Magetan (ANTARA) - Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, pilot pesawat TNI Angkatan Udara T-50i Golden Eagle gugur dalam kecelakaan pesawat tempur yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan pers yang diterima di Magetan, Selasa, (19/7/2022) mengatakan perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015  meninggalkan seorang istri dan anak yang masih balita.

Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, S.T. (Han) mengalami kecelakaan dan jatuh saat menjalani latihan terbang malam pada hari Senin (18/7).

Pesawat bernomor ekor TT-5009 yang diterbangkannya lakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.25 WIB, kemudian dilaporkan jatuh.

Lakukan investigasi

TNI Angkatan Udara akan melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat T50i Golden Eagle TT-5009 yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan Blora, Jawa Tengah, pada Senin malam (18/7).
 
"Saat ini, TNI AU juga telah membentuk Tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) untuk menyelidiki sebab-sebab jatuhnya pesawat tersebut," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa, (19/7).
 
Kecelakaan pesawat itu menyisakan duka mendalam. Tidak saja bagi keluarga, duka juga dirasakan seluruh jajaran TNI AU khususnya dan TNI serta masyarakat Indonesia pada umumnya.
 
Menurut dia, perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017 itu gugur saat melaksanakan tugas latihan terbang malam.
 
Kepergiannya meninggalkan seorang istri yang baru dinikahi pada tahun 2021.
 
Puing reruntuhan pesawat dilaporkan aparat kewilayahan berada di desa Nginggil, Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
 
Tim dari Lanud Iswahjudi, kata dia, pada Senin malam telah diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Hingga pagi ini tim masih melakukan evakuasi dan pengamanan lokasi.
 
TNI AU mengucapkan terima kasih atas peran serta aparat kewilayahan dan masyarakat dalam proses evakuasi dan pengamanan di lokasi kejadian.
 
Baca juga: Pesawat TNI AU jatuh di Riau
 
Baca juga: Pesawat Hercules Jatuh di Wamena



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pilot pesawat T-50i Golden Eagle yang jatuh di Blora dipastikan gugur