Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menargetkan sebanyak 38.972 anak usia nol bulan hingga tujuh tahun yang tersebar pada 29 puskesmas di daerah itu menerima vaksin polio dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024.
 
"Kita bebaskan Manggarai Timur dari polio dan wujudkan anak-anak Manggarai Timur yang hebat dan sehat," kata Penjabat (Pj) Bupati Manggarai Timur Boni Hasudungan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Rabu, (24/7).
 
Pencanangan PIN Polio serentak untuk tingkat Kabupaten Manggarai Timur dilaksanakan di Puskesmas Lawir, Kecamatan Lamba Leda Timur, pada Selasa (23/7) oleh Pj Bupati Manggarai Timur Boni Hasudungan dan diikuti 29 puskesmas se-Kabupaten Manggarai Timur secara daring.
 
"PIN Polio ini merupakan salah satu upaya pencegahan stunting dan penyakit polio," kata Boni Hasudungan.
 
PIN Polio di Manggarai Timur, lanjut dia, akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 23-29 Juli 2024 dan tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 6-17 Agustus 2024.
 
“Sangat diharapkan agar semua anak di Kabupaten Manggarai Timur ini bisa mendapatkan imunisasi polio dan Manggarai Timur bebas dari polio," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kota Kupang targetkan 74.614 anak dapatkan vaksinasi polio
 
Ia mengharapkan komitmen semua pihak dan lintas sektor sesuai bidang tugasnya menyukseskan pemberian PIN Polio untuk 38.972 anak di daerah itu.

Baca juga: Sekda Mabar imbau seluruh anak ikut vaksin polio
 
Lebih lanjut Penjabat (Pj) Gubernur NTT Ayodhia G L Kalake juga memantau secara langsung pencanangan PIN Polio untuk 22 kabupaten dan kota di Provinsi NTT secara daring dan dalam kesempatan itu Pj Bupati Manggarai Timur melaporkan secara langsung jumlah data sasaran anak penerima vaksin polio di daerah tersebut.

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024