Kupang (ANTARA) - Kantor Bea Cukai Kupang memberikan sosialisasi dan edukasi bagi pelajar SMAN 1 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menambah pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap tugas dan fungsi Bea Cukai.

"Tujuannya juga menambah pemahaman siswa tentang peran Bea Cukai dalam APBN," kata Pelaksana Bea Cukai Kupang Raihan Naufal di Kupang, Jumat, (26/7).

Dalam sosialisasi itu, Raihan berbagi informasi terkait ekspor-impor, barang kiriman internasional, serta barang penumpang.

Materi itu juga menekankan pentingnya edukasi untuk mengetahui modus penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai.

"Sehingga harapannya siswa dan siswi serta keluarga dapat terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai," ucapnya.

Selain kegiatan sosialisasi terkait dengan tugas dan fungsi Bea Cukai, ada pula sosialisasi dan penyebaran undangan terkait perlombaan Customs and Excise for High School (CEFHS).

Beberapa lomba tersebut yakni Lomba English Speech, Lomba Baca Puisi, Lomba News Anchor, serta Lomba School Combat. Empat mata lomba ini dijalankan secara daring.

Baca juga: Kantor Bea Cukai Kupang edukasi proses ekspor produk bagi pelaku usaha

Selanjutnya ada Lomba Kreasi Baris Berbaris, Lomba Tari Ratoh Jaroe, serta Lomba Paduan Suara yang terlaksana secara luring di Jakarta.

Baca juga: Bea Cukai jalankan 17 kali penindakan kepabeanan dan cukai di NTT

"Bea Cukai Kupang berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan perlombaan CEFHS dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran generasi muda tentang Kepabeanan dan Cukai serta memberikan motivasi kepada seluruh siswa dan siswi untuk berkontribusi dalam membangun negeri," katanya menandaskan.

Pewarta : Fransiska Mariana Nuka
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024