Kupang (ANTARA) - Calon Wali Kota Kupang Periode 2024-2019 Serena Cosgrova Francis kembali berhasil melobi manajemen PT Dharma Lautan Utama (DLU) untuk membuka rute baru dari Kupang-Ende-Labuan Bajo, untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata serta membantu masyarakat ditengah mahalnya harga tiket pesawat ke dua wilayah tersebut.

"Di momen ini saya ingin memberikan hadiah kepada warga Kota Kupang kapal Ferry melayari rute Kupang-Ende-Labuan Bajo-Lembar-Surabaya," katanya di Kupang, Sabtu.

Menurut dia di usianya yang masih 25 tahun tersebut, dirinya ingin berbuat yang terbaik dengan membantu masyarakat Kota Kupang, dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya melalui jaringan yang ia punya.

Serena sebelumnya sempat bertemu dengan pemilik dari PT DLU Bambang Haryo Soekartono untuk mengusulkan rute tersebut, hal tersebut justru langsung disambut baik oleh manajemen DLU.

Serena sendiri sebenarnya sebelum Pemilu 2024 lalu juga sudah sempat berhasil menghadirkan salah satu kapal milik DLU Dharma Kartika V dengan Rute Kupang-Sumba-NTB-Surabaya.

Kehadiran kapal tersebut justru memberikan dampak yang positif bagi perekonomian di NTT, karena memotong ongkos pengiriman barang dari Surabaya ke Kupang.

Kini dengan adanya rute kapal baru tersebut, dipastikan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke dua wilayah yang masuk dalam Kawasan wisata tersebut.

Baca juga: Cerita Serena dibalik kehadiran KMP Dharma Kartika V di Kupang
Baca juga: KPU Kota Kupang nyatakan berkas Christian-Serena lengkap

Ende dikenal memiliki lokasi wisata gunung Kelimutu tiga warna yang telah dikenal luas. Sementara Labuan Bajo sendiri dikenal karena menjadi destinasi wisata super prioritas dengan wisata Komodo dan lainnya.

Pemilik dari PT DLU Bambang Haryo Soekartono pada momen syukuran perayaan usia Serena ke 25 menyempatkan untuk melakukan video call dan menyampaikan selamat.

"Langsung disetujui, untuk seluruh masyarakat NTT yang dari Ende maupun yang dari Kupang menuju ke Labuan Bajo,” sebut Bambang.

Rute baru tersebut nantinya akan mulai beroperasi pada 7 Oktober 2024 bulan depan.

Sementara itu  Manager PT DLU Cabang Kupang, Adhi Widhi mengatakan bahwa kapal yang akan beroperasi dengan ute baru itu adalah KMP DHarma Rucita 8 

“Kakak Serena yang mengusulkan rute akses transportasi laut terbaru ini, untuk masyarakat Kota Kupang dan NTT ke Labuan Bajo,” ujarnya.

Menurut Adhi Widhi, harga tiket kapal dari Kupang ke Labuan Bajo jauh di bawah harga tiket pesawat untuk rute yang sama. 

Saat ini harga tiket pesawat Kupang Labuan Bajo berada pada kisaran Rp1,5 sampai Rp1,8 juta sekali jalan dan harga tertinggi berada pada harga Rp2,5 juta. Sementara rute penerbangan Kupang-Ende berada pada harga Rp1,3 jutaan per sekali jalan.
 

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Copyright © ANTARA 2024