Labuan Bajo (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manggarai Barat (Mabar) Leny Seriang mengatakan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-wabup) dinilai konsisten menarasikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 yang damai dan sejuk dalam tahapan kampanye. 
 
"Ini bagus bahwa pesan mereka soal integritas, soal perkataan dan perbuatan, bahwa apa yang mereka sampaikan dalam panggung tidak sekadar lips service tapi ketika mereka kampanye benar-benar dipegang," katanya ditemui di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, (7/10).
 
Pilkada Manggarai Barat tahun 2024 diikuti oleh dua pasangan calon bupati-wabup yakni pasangan Christo Mario Y Pranda-Richardus Tata Sontani dan Edistasius Endi-Yulianus Weng. 
 
Leny menjelaskan dalam tahap kampanye sejak 25 September 2024 lalu, Bawaslu Manggarai Barat belum menemukan adanya kampanye yang mengarah pada kampanye negatif, hoax maupun ujaran kebencian.
 
"Pelaksanaan kampanye berjalan sesuai dengan jadwal, izin ke kepolisian juga bagus, jadwal kampanye juga disampaikan ke kami sehingga teman-teman dapat melakukan pengawasan," katanya. 
 
Ia menjelaskan kampanye pilkada damai dinilai secara konsisten dilakukan oleh kedua pasangan calon bupati-wabup Manggarai Barat. 
 
Kedua pasangan calon bupati-wabup, lanjut dia, dinilai menjalankan komitmen untuk menjalankan pilkada damai sesuai janjinya dalam deklarasi Pilkada damai pada 23 September 2024 lalu. 
 
"Pilkada damai, fair, lalu kesatria, ini pesan dari kedua paslon saat deklarasi dan sama-sama menyampaikan dan jalankan terutama di tahapan kampanye ini bertarung dengan fair dan kesatria dan ini merupakan catatan bagi kedua paslon terutama dalam tahapan kampanye ini agar tidak merusak proses pilkada," katanya. 
 
Melalui kampanye yang berintegritas dan damai yang dilakukan peserta Pilkada 2024, kata dia, dapat mengedukasi masyarakat Manggarai Barat untuk bersama-sama menyukseskan seluruh tahapan Pilkada di Manggarai Barat. 
 
"Harapannya kemudian masyarakat ikut terbawa dengan situasi saat ini, kalau kita lihat belum ada soal di lapangan, sehingga harapannya masyarakat dengan apa yang dilakukan oleh kedua paslon melalui kampanye dan narasi yang baik masyarakat lihat perhelatan kampanye ini aman, damai, sejuk tanpa diganggu narasi yang dapat merusak situasi pilkada kita," katanya. 

Baca juga: KPU Kota Kupang sebut logistik segel kertas dan kabel ties sudah tiba

Baca juga: Kemenkominfo siapkan satgas anti hoaks kawal Pilkada 2024

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024