Kupang (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang menyiapkan semua armada feri untuk melayani para penumpang yang hendak melakukan penyeberangan antarpulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur selama mudik Lebaran 1440 H.

"Semua armada kami ada belasan, kami siapkan untuk layanan para pemudik yang akan merayakan Lebaran bersama sanak keluarganya di kampung halaman," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Burhan Zaim kepada Antara di Kupang, Kamis (30/5).

Ia mengemukakan hal itu terkait kesiapan ASDP Cabang Kupang menghadapi lonjakan penumpang yang melakukan mudik dalam massa liburan Hari Raya Idul Fitri 1440 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Burhan mengatakan, semua armada yang disiapkan akan melayani berbagai rute seperti dari Kota Kupang, ibu kota provinsi ke daerah-daerah, maupun penyeberangan antarkabupaten di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Jadi layanan feri untuk mudik beroperasi seperti biasa sesuai jadwal yang kami siapkan," katanya dan menambahkan sejumlah lintasan sebelumnya sempat ditutup terutama di wilayah barat akibat kondisi gelombang laut tinggi mencapai hingga tujuh meter.

Namun, saat ini kapal-kapal ferry sudah beroperasi pada semua lintasan untuk melayani penumpang yang hendak bepergian ke wilayah Flores, Sumba, Alor, Rote, dan Lembata.

Burhan memastikan, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan penumpang dalam setiap pelayaran baik selama masa mudik maupun penyeberangan di hari-hari biasa.

"Seperti memastikan muatan sesuai dengan kapasitas kapal. Kemudian kami juga terus memantau informasi cuaca dari BMKG untuk penyesuaian di lapangan," katanya.

Baca juga: Gelombang laut belum mengganggu pelayaran antarpulau di NTT
Baca juga: ASDP: Kami utamakan keselamatan dalam pelayaran


Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024