Bupati Mabar minta warga jaga kebersihan lingkungan

id bupati manggarai barat,dbd manggarai barat,pencegahan dbd

Bupati Mabar minta warga jaga kebersihan lingkungan

Arsip Foto. Warga bekerja bakti membersihkan lingkungan sekitar Kali Wae Bak di Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (29/10/2022). (ANTARA/HO)

...Kita harus meningkatkan kebersihan lingkungan khususnya saat musim hujan ini agar tidak ada penularan DBD, katanya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (15/12/2022)
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi meminta warga menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penularan penyakit seperti demam berdarah dengue pada musim penghujan.

"Kita harus meningkatkan kebersihan lingkungan khususnya saat musim hujan ini agar tidak ada penularan DBD," katanya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (15/12/2022).

Dinas Kesehatan Manggarai Barat mencatat 65 kasus demam berdarah dengue (DBD) pada Oktober 2022, 131 kasus DBD pada November 2022, dan 39 kasus DBD sejak awal sampai tanggal 11 Desember 2022.

Bupati mengajak masyarakat mendukung upaya pencegahan penularan DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk perantara penularan virus dengue.

"Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus yang membawa virus dengue dan menetap pada genangan air... Kalau lingkungan bersih, kita bisa sehat," katanya.

"Jangan lupa menguras, membersihkan, dan menutup rapat tempat penampungan air. Kita juga harus mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air hujan," ia menambahkan.

Dia juga menyarankan warga menggunakan kelambu dan obat anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk serta menaburkan larvasida di penampungan air untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Selain itu, Bupati meminta Dinas Kesehatan dan puskesmas menggiatkan penyuluhan mengenai pencegahan penularan DBD.

Baca juga: Polres Mabar salurkan bantuan air bersih bagi warga pulau

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Fransiskus Dulla Kurniawan Gibbons mengatakan bahwa penyuluhan sudah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Baca juga: Bupati Mabar soroti akurasi data untuk pembangunan inklusif

"Kami berikan pengumuman keliling tentang PSN 3M Plus dan imbauan tertulis kepada camat dalam rangka kewaspadaan dini dan respons terhadap peningkatan kasus DBD," katanya.