Pemkab Nagekeo minta warga perkuat prokes saat liburan Natal

id covid-19,vaksinasi,vaksin covid-19,prokes,masker,nagekeo,ntt,dinkes nagekeo,pemkab nagekeo,dinas kesehatan

Pemkab Nagekeo minta warga perkuat prokes saat liburan Natal

Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 untuk vaksinasi warga. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

"Ada dua kasus COVID-19,
Labuan Bajo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Nagekeo, Nusa Tenggara Timur meminta warga memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker dan mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19, menjelang liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kita sedang pandemi, harus sadar diri pakai masker. Cek diri kita sendiri. Kesadaran diri sendiri harus dibangun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo drg Emerentiana Reni Wahjunigsih ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis (15/12).

Dia mengakui lalu lintas orang dan silaturahim saat liburan Natal dan Tahun Baru tidak bisa terbendung.

Namun, prokes harus tetap dijalankan, minimal memakai masker meski tidak menjaga jarak. Selain itu masyarakat yang berasal dari wilayah COVID-19 harus melaporkan diri ke kelurahan untuk dilakukan pengecekan dan isolasi mandiri.

Hal ini pun Emerentiana sampaikan mengingat masih adanya kasus COVID-19 di Kabupaten Nagekeo.

"Ada dua kasus COVID-19," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Nagekeo perkuat kapasitas kader bangun jejaring untuk investigasi TB
Baca juga: IDI NTT sarankan prokes ketat cegah penularan COVID varian XBB


Selain penerapan prokes, dia menyoroti pentingnya vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo per 13 Desember 2022, persentase vaksinasi dosis pertama 80,68 persen atau mencakup 109.156 jiwa dari target 135.295 jiwa, dosis kedua 65,84 persen, dosis ketiga 12,91 persen, dan dosis keempat bagi tenaga kesehatan 0,38 persen.

Dia menegaskan pemerintah daerah terus menerus proaktif mengampanyekan penerapan prokes untuk mencegah penularan COVID-19. Pemerintah daerah setempat juga aktif memberikan layanan vaksinasi bagi masyarakat.

"Puskesmas Danga punya jadwal rutin vaksinasi setiap hari Kamis dan untuk semua dosis dilayani. Jadi harus mau menerima vaksinasi," kata dia.

Dia mengajak masyarakat untuk memperhatikan perkembangan kondisi pandemi COVID-19. Warga harus memperkuat penerapan prokes selama liburan dan segera mencari layanan vaksinasi agar bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

"Jika semua orang berpikir untuk mengamankan diri dan keluarga, otomatis rantai COVID-19 akan berhenti," katanya.