BPJN buka jalur alternatif Trans Timor yang terdampak longsor

id Tanah longsor, bencana longsor ntt, tanah longsor kupang, longsor jalur trans timor, bencana pulau timor, bencana ntt, k

BPJN buka jalur alternatif Trans Timor yang terdampak longsor

Sejumlah peralatan berat dioperasikan untuk membersihkan material tanah longsor yang menimbun ruas jalan Trans Timor di Desa Noelmina, Kabupaten Kupang, NTT, Minggu (19/2/2022). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Jalur alternatif sudah dibuka untuk menunjang mobilisasi sementara, namun hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua...
Oelamasi, Kabupaten Kupang (ANTARA) - Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah X Provinsi Nusa Tenggara Timur membuka jalur alternatif untuk kelancaran perlintasan kendaraan roda dua di sekitar jalur trans Timor yang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.  

"Jalur alternatif sudah dibuka untuk menunjang mobilisasi sementara, namun hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua," kata Kepala Satuan Kerja 1 BPJN Wilayah X NTT Azhari kepada wartawan di lokasi tanah longsor di Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Minggu, (19/2/2023).

Ia menjelaskan jalur alternatif tersebut mempermudah pelintas jalan trans Timor yang menggunakan sepeda motor baik dari wilayah Kabupaten Kupang menuju Kabupaten Timor Selatan dan seterusnya, maupun sebaliknya menuju Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Meskipun jalur alternatif tersebut relatif lebih sulit karena melintasi kali di sekitar titik longsor, kata dia, namun cukup membantu para pelintas yang membawa kendaraan roda dua.

Azhari mengatakan sementara jalur alternatif untuk kendaraan untuk mobil, bus, truk, dan lainnya akan sedang diupayakan untuk segera dibuka.

"Kami upayakan secepatnya dalam dua atau tiga hari ini sudah dibuka, yang penting masyarakat juga mendukung karena ini untuk kepentingan umum," katanya.

Bencana tanah longsor yang mengakibatkan putusnya jalur trans Timor sebagai jalur utama yang menghubungkan Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dengan kabupaten lain maupun dengan wilayah Timor Leste terjadi pada Jumat (17/2) malam.

Material longsor menimbun delapan unit rumah warga yang terdiri dari 11 KK serta sebuah truk pembawa kontainer, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Hingga Minggu (19/2) siang, sejumlah peralatan berat masih terus beroperasi di lapangan untuk membersihkan material yang menumpuk di ruas jalan tersebut sepanjang 200-300 meter dengan ketinggian 15-20 meter.

Sejumlah warga yang hendak melintasi jalur tersebut menggunakan mobil atau bus dari wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan maupun dari Kota Kupang dan sebagian Kabupaten Kupang harus turun dari kendaraan dan berjalan kaki melintasi material longsor untuk melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain.

Baca juga: Pemda NTT buka jalur alternatif ke Pulau Timor melalui laut

Baca juga: Pungli di lokasi tanah longsor resahkan warga






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPJN buka jalur alternatif jalur Trans Timor terdampak longsor