Pemkab Mabar latih 112 pemuda kompeten kerja di Labuan Bajo

id sdm,lokal,tenaga kerja,pemuda,pelatihan,kompetensi,blk,labuan bajo,dpsp,manggarai barat,ntt,flores

Pemkab Mabar latih 112 pemuda kompeten kerja di Labuan Bajo

Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Manggarai Barat di Labuan Bajo, NTT, Senin (27/3/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Keberhasilan kami tidak hanya sampai di lulus kompetensi saja tapi harus lulus sampai masuk dunia kerja...
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal dengan memberikan pelatihan kerja berbasis kompetensi kepada 112 anak muda agar siap bekerja di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

"Labuan Bajo ini telah ditetapkan sebagai DPSP maka kita harus menyiapkan SDM lokal yang mahir dan siap bersaing, salah satunya lewat pelatihan kerja," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Manggarai Barat, Theresia Asmon di Labuan Bajo, Selasa, (28/3/2023).

Sebanyak 112 anak muda di Labuan Bajo telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Manggarai Barat sejak Februari secara gratis.

Putra-putri daerah ini mengikuti beberapa paket pelatihan yakni basic office/TIC, AC, otomotif, tata rias, food and beverage dan menjahit.

Perempuan yang akrab disapa Ney ini mengatakan peserta pelatihan disiapkan untuk mahir bersaing dan adaptif secara kompetitif di dunia kerja.

Mereka harus bekerja profesional sesuai kompetensi masing-masing mengingat Labuan Bajo merupakan salah satu daerah pariwisata yang mengalami pertumbuhan cepat.

Ney juga menyebut pelatihan berbasis kompetensi itu diakhiri dengan ujian sertifikasi kompetensi. Pelatihan diberikan oleh para instruktur profesional dan bersertifikat sehingga dapat membantu mereka siap terjun ke dunia kerja.

"Keberhasilan kami tidak hanya sampai di lulus kompetensi saja tapi harus lulus sampai masuk dunia kerja," katanya.

Dia berharap upaya pemerintah daerah setempat itu dapat memberikan kontribusi bagi percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta upaya mencegah pengangguran.

Dengan demikian SDM lokal Manggarai Barat dapat bersaing di tingkat global baik pada sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

"Pemerintah daerah memberikan dukungan bagi anak daerah untuk menjawab tantangan persaingan kerja yang makin kompetitif khususnya di daerah pariwisata seperti Labuan Bajo," ucapnya.

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Manggarai Barat telah membuka program itu pada tahun 2022 dengan 160 anak muda yang telah mengikuti pelatihan dan mengantongi sertifikat.

Selain itu, ada pula Magang Industri dan diberikan kepada para pencari kerja yang siap magang di hotel-hotel ternama di Labuan Bajo.

Baca juga: Kemendag berkomitmen tingkatkan SDM perkuat institusi metrologi legal di Timor Leste

Baca juga: Disparekraf NTT targetkan latih 2.500 orang benahi SDM pariwisata