DPRD NTT apresiasi Kapolri tunjuk perempuan jadi Kapolres

id NTT,emi nomleni,kapolres perempuan ntt,Josephien Vivick Tjangkung

DPRD NTT apresiasi Kapolri tunjuk perempuan jadi Kapolres

Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur Emilia Nomleni (ANTARA/Benny Jahang)

Kami mengapresiasi terhadap Kapolri yang telah menunjuk kaum perempuan pertama yang menjadi Kapolres di NTT, tentu hal ini menjadi bukti bahwa kesetaraan gender semakin nyata di NTT...
Kupang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengapresiasi terhadap Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menunjuk AKBP Josephien Vivick Tjangkung sebagai Kepala Resort Kepolisian Lembata sekaligus menjadi Kapolres perempuan pertama di jajaran Polda NTT.

"Kami mengapresiasi terhadap Kapolri yang telah menunjuk kaum perempuan pertama yang menjadi Kapolres di NTT, tentu hal ini menjadi bukti bahwa kesetaraan gender semakin nyata di NTT karena semakin banyak kaum perempuan yang menjadi pimpinan pada instansi pemerintah," kata Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur Emilia Nomleni di Kupang, Rabu, (29/3/2023).

Emi Nomleni mengatakan hal itu terkait penetapan AKBP Josephien Vivick Tjangkung sebagai Kapolres Lembata sekaligus menjadi Kapolres perempuan pertama di jajaran Polda Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan penunjukan Kapolres perempuan mungkin di daerah lain sudah pernah dilakukan, namun hal ini baru pertama kali dilakukan di jajaran Polda Nusa Tenggara Timur, sehingga menjadi hal baik bagi daerah ini.

Menurut dia dengan adanya kaum perempuan sebagai Kapolres tentu menjadi warna tersendiri dalam pelayanan penegakan hukum kepada masyarakat yang dilakukan jajaran Kepolisian di provinsi berbasis kepulauan ini.

"Dalam pelayanan kemasyarakatan tentu akan berbeda dengan pola pendekatan yang dilakukan kaum pria, kaum perempuan tentu lebih humanis sehingga mudah dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat," kata Emi Nomleni.

Dia berharap dengan adanya Kapolres perempuan di jajaran Polda NTT akan menjadi pintu masuk bagi Polisi wanita di NTT untuk terus berkiprah sehingga bisa menjadi pimpinan tinggi di jajaran Kepolisian.

"Mudah-mudahan dengan adanya Kapolres perempuan pertama ini menjadi pintu masuk bagi kaum perempuan tidak saja pada jabatan Kapolsek, Kapolres tetapi harus ada yang bisa menduduki jabatan sebagai perwira tinggi di jajaran Polda NTT. Hal itu bisa saja terjadi seperti di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham NTT yang saat ini dipimpin seorang perempuan yang merupakan putri asal NTT, " kata Emi Nomleni.

Dalam gerbong mutasi yang dilakukan Mabes Polri terdapat tujuh Kapolres di Polda NTT yang dimutasi, salah satunya adalah AKBP Josephien Vivick Tjangkung yang sebelumnya bertugas di Direktorat Binmas Polda Metro Jaya.

Perwira menengah perempuan itu ditunjuk sebagai Kapolres Lembata menggantikan posisi AKBP Dwi Handono Prasanto yang bergeser menjadi Wakil Kepala Polresta Bandung, Jawa Barat

Selain Lembata, enam Polres lain di Polda Nusa Tenggara Timur yang berganti pimpinan adalah Polres Manggarai Barat, Alor, Kupang, Sumba Barat, Belu, dan Manggarai.

Baca juga: Vivick Tjangkung jadi kapolres perempuan pertama di NTT

Baca juga: Ditlantas Polda NTT survei jalur yang dilewati pemimpin negara saat ASEAN Summit