Rayakan HUT ke-25, Warga diaspora Witihama gelar pentas budaya di Kupang

id Warga diaspora flores timur, warga witihama, ikatan keluarga witihama, warga witihama kupang

Rayakan HUT ke-25, Warga diaspora Witihama gelar pentas budaya di Kupang

Pentas budaya dalam perayaan HUT ke-25 Ikatan Keluarga Witihama (IKW)-Kupang di Taman Budaya Gerson Poyk, Kota Kupang, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Sudah banyak pula IKW turut berkontribusi dalam aksi sosial serta berbagai kegiatan lainnya dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah
Kupang (ANTARA) - Warga diaspora asal Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, yang terhimpun dalam organisasi Ikatan Keluarga Witihama (IKW)-Kupang menggelar pentas budaya di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk merayakan HUT ke-25 organisasi tersebut.

"Perayaan HUT ke-25 ini adalah sebuah momentum istimewa bagi warga Witihama yang terus merajut kebersamaan dan kekeluargaan dalam wadah IKW," kata Ketua IKW Lopi Tokan dalam acara perayaan HUT ke-25 yang dipusatkan di Taman Budaya Gerson Poyk, Kota Kupang, Sabtu (6/5/2023).

Semarak perayaan HUT yang dihadiri ratusan warga itu diwarnai tarian hedung, sole oha, penuturan dan peragaan nilai-nilai budaya, nyanyian daerah, hingga seremoni pemotongan tumpeng.

Lopi Tokan mengatakan, IKW-Kupang sejauh ini telah berkiprah sebagai wadah yang merawat solidaritas dan kekeluargaan antarwarga Witihama maupun dengan warga daerah lain.

Sudah banyak pula IKW turut berkontribusi dalam aksi sosial serta berbagai kegiatan lainnya dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Ia berharap IKW tetap eksis berkiprah dalam menjaga persaudaraan dan mengisi ruang-ruang pembangunan untuk kemajuan peradaban.
 
Puluhan warga menari sole oha dalam acara perayaan HUT ke-25 Ikatan Keluarga Witihama (IKW)-Kupang di Taman Budaya Gerson Poyk, Kota Kupang, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Sementara itu, Lusia Adinda Lebu Raya, tokoh warga yang juga isteri mantan Gubernur NTT dua periode (2008-2018) almahrum Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengaku bangga terhadap IKW-Kupang yang terus menjaga kekompakan hingga memasuki usia ke-25.

"Usia perak ini adalah masa yang luar biasa bagi komunitas lokal untuk bertahan di tengah berbagai tantangan zaman saat ini," katanya.

Ia mengatakan, warga Witihama di Kota Kupang telah menunjukkan dedikasi yang nyata dalam membantu sesama warga Witihama maupun menjalankan aksi sosial  untuk kemaslahatan bersama.

Pelaksanaan pentas budaya merupakan puncak perayaan HUT ke-25 IKW-Kupang dari beberapa rangkaian kegiatan yang berlangsung sebelumnya berupa perlombaan karya tulis dan kampanye hidup sehat melalui jalan santai.