Pengacara Gubernur Papua \nonaktif Lukas Enembe penuhi panggilan KPK

id Komisi Pemberantasan Korupsi ,Kpk,Lukas Enembe

Pengacara Gubernur Papua \nonaktif Lukas Enembe penuhi panggilan KPK

Pengacara Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, penuhi panggilan penyidik KPK, Selasa (9/5/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

...Sebagai penegak hukum dan warga negara saya menghormati proses hukum
Jakarta (ANTARA) -
Pengacara Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan perintangan penyidikan.

"Betul, hari ini telah hadir di Gedung Merah Putih KPK pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan obstruction of justice dalam proses penyidikan perkara tersangka LE," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa.

Ali mengatakan Stefanus Roy akan menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik dan KPK akan segera mengumumkan hasilnya apabila pemeriksaan dinyatakan telah rampung.

"Perkembangan berikutnya akan kami sampaikan," ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Stefanus Roy Rening mengatakan dirinya hadir sebagai bentuk kooperatif terhadap lembaga antirasuah tersebut.

"Sebagai penegak hukum dan warga negara saya menghormati proses hukum. Saya tetap kooperatif dengan panggilan KPK memberi keterangan, dan bukti selengkapnya untuk membuktikan saya tidak pernah merintangi, mencegah, atau menggagalkan penyidikan sesuai Pasal 21 UU Tipikor," kata Roy di Gedung Merah Putih KPK, Selasa.

Roy juga menyebut bahwa penyidikan terhadap Lukas Enembe tetap berjalan mulai dari penangkapan, penahanan, penyitaan, hingga penggeledahan.

"Artinya, sampai hari ini tidak ada KPK menjelaskan ke publik adanya merintangi atau menggagalkan penyidikan ini sehingga saya heran perkara yang mana yang merintangi, padahal perkaranya sedang berjalan," ujarnya.


Baca juga: KPK tetapkan penyuap Gubernur Papua Lukas Enembe jadi tersangka TPPU

Baca juga: KPK benarkan cegah istri Gubernur Papua Lukas Enembe ke luar negeri








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengacara Lukas Enembe penuhi panggilan KPK