PLN tegaskan terus inovasi bantu capai energi ramah lingkungan

id aipf,asean,pln,darmawan prasodjo,ASEAN 2023

PLN  tegaskan terus inovasi bantu capai energi ramah lingkungan

Tangkapan layar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam diskusi panel Forum ASEAN-Indo-Pasifik (AIPF) di Hotel Mulia Jakarta pada Rabu (6/9/2023). (Antara/B019)

...Kami yakin bahwa peralihan komunitas global yang sebelumnya terfragmentasi, menjadi bersatu melalui forum semacam ini... Apapun tantangan yang ada di depan. Kami akan terus bergerak maju
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menegaskan terus melakukan inovasi dalam upaya menghasilkan energi listrik ramah lingkungan dengan harga terjangkau di Indonesia.

"Dengan inovasi yang dilakukan oleh manusia akan mencapai apa yang kami sebut konvergensi. Oleh karena itu saya percaya kemampuan kami akan didukung oleh inovasi," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam diskusi panel Forum ASEAN-Indo-Pasifik (AIPF) di Hotel Mulia Jakarta pada Rabu, (6/9/2023).

Menurut dia, konvergensi pembangkit tenaga listrik diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca lebih besar.

Pihaknya memahami ada ketidaksesuaian antara lokasi sumber energi terbarukan berskala besar di daerah terpencil dengan permintaan pasokan listrik terbesar.

Oleh karena itu, dia menjelaskan pihaknya tengah merancang dan membangun jaringan transmisi cerdas dan pembangkit listrik fleksibel untuk menghasilkan tenaga listrik ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

"Dengan cara seperti ini kami menganggap ini sebagai peluang," kata Darmawan.

Dia menjelaskan terdapat tiga tantangan dalam meningkatkan kapasitas tenaga listrik yakni keterjangkauan, keamanan dan keberlanjutan yang perlu diatasi.

Namun dengan inovasi dan konvergensi pembangkit tenaga listrik, tantangan tersebut diyakini Dirut PLN dapat diatasi.

"Kami yakin bahwa peralihan komunitas global yang sebelumnya terfragmentasi, menjadi bersatu melalui forum semacam ini... Apapun tantangan yang ada di depan. Kami akan terus bergerak maju," demikian Darmawan.

Darmawan menjadi pembicara dalam diskusi panel AIPF pada hari kedua bertema "Mengatasi Trilema Energi: Menyeimbangkan Keamanan Energi, Keterjangkauan dan Keberlanjutan".

Selain itu terdapat sejumlah tokoh lainnya yakni Presiden Regional APAC BP Kathy Wu, Direktur Badan Perdagangan dan Pembangunan AS Enoh T Ebong, dan Direktur Dewan Bisnis Kanada Goldy Hyder juga menyampaikan pandangannya dalam sesi panel AIPF.

Baca juga: PT PLN Indonesia ensuring reliable electricity supply for ASEAN Summit

ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) pada 5-6 September 2023 mengangkat tema "Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific".

Baca juga: PLN IP pastikan pasokan listrik andal selama KTT ASEAN

Sebanyak tiga topik dibahas dalam AIPF yakni infrastruktur hijau dan rantai pasok yang berketahanan, transformasi digital dan ekonomi kreatif, serta pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif.








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Di AIPF, PLN tegaskan inovasi bantu capai energi ramah lingkungan