Realisasi PNBP Imigrasi Labuan Bajo Agustus lampaui target 2023

id pendapatan negara,imigrasi labuan bajo,imigrasi,penerimaan negara bukan pajak,pnbp,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flore

Realisasi PNBP Imigrasi Labuan Bajo Agustus lampaui target 2023

Layanan keimigrasian yang diberikan di Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-Kantor Imigrasi Labuan Bajo)

...Target selama tahun 2023 sebesar Rp1,8 miliar, tapi realisasinya telah mencapai Rp3,8 miliar atau 208,53 persen pada Agustus 2023, kata Jaya Mahendra di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis, (7/9/2023)
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jaya Mahendra menyebutkan realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) per Agustus 2023 mencapai sebesar Rp3,8 miliar dan telah melampaui target tahun 2023 yang ditetapkan sebesar Rp1,8 miliar.

"Target selama tahun 2023 sebesar Rp1,8 miliar, tapi realisasinya telah mencapai Rp3,8 miliar atau 208,53 persen pada Agustus 2023," kata Jaya Mahendra di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis, (7/9/2023).

Dalam memberikan layanan keimigrasian, Kantor Imigrasi Labuan Bajo memiliki biaya layanan yang masuk ke dalam PNBP.

Biaya layanan keimigrasian ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Ia mengatakan realisasi target satu tahun yang telah terpenuhi pada delapan bulan pertama ini merupakan wujud komitmen dari Kantor Imigrasi Labuan Bajo dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Peningkatan jumlah tersebut sejalan dengan kebijakan keimigrasian yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional mendukung sektor pariwisata serta inovasi jemput bola.

Salah satunya dengan menghadirkan pelayanan penerbitan paspor di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Ngada.

Adanya layanan penerbitan paspor di MPP Kabupaten Ngada mempermudah masyarakat di Kabupaten Ngada dalam mengurus paspor sehingga mereka tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk ke Labuan Bajo.

Lebih lanjut ia menjelaskan sumbangsih terbesar PNBP Imigrasi Labuan Bajo masih bersumber dari pelayanan Visa sebesar Rp2,45 miliar. Selanjutnya diikuti oleh pelayanan izin tinggal bagi warga negara asing sebesar Rp 897,9 juta.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo membuka layanan penerbitan paspor di MPP Ngada

Berikutnya ada pelayanan penerbitan paspor sebesar Rp394,55 juta dan pelayanan keimigrasian lainnya sebesar Rp83,5 juta.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo kembali gelar inovasi Jempolan Bajo

"Jumlah ini akan bertambah dan Kantor Imigrasi Labuan Bajo berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat," katanya.