Event pariwisata di NTT munculkan pelaku usaha baru

id NTT,festival lembah colol,BPOLBF, Shana Fatina

Event pariwisata di NTT munculkan pelaku usaha baru

Kegiatan pentas seni budaya mewarnai kegiatan Festival Pelangi Lembah Colol yang berlangsung di Desa Ulu Wae Kecamatan Lambaleda Timur, Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. ANTARA/HO-Prokompim setda Kabupaten Manggarai Timur

Makin banyak event diselenggarakan, maka makin besar potensi kunjungan
Kupang (ANTARA) - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan penyelenggaraan event pariwisata yang terus dilakukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat melahirkan banyak pelaku usaha baru.

"Melalui penyelenggaraan berbagai event seperti festival ataupun penyelenggaraan event pariwisata lainnya dapat melahirkan makin banyak pelaku usaha baru yang bisa mengisi pasar pariwisata bukan hanya di Labuan Bajo sebagai pusat pariwisata NTT, tetapi juga di wilayah Kabupaten lainnya di daratan Flores," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, Selasa (26/9).

Shana Fatina mengatakan hal itu terkait dampak penyelenggaraan event pariwisata terhadap terhadap geliat pembangunan ekonomi masyarakat.

”Makin banyak event diselenggarakan, maka makin besar potensi kunjungan dan makin banyak peluang ekonomi yang bisa ditangkap oleh pelaku usaha, sehingga secara otomatis akan menggerakkan berbagai potensi UMKM sektor Parekraf dan secara otomatis juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Shana Fatina.

Baca juga: Festival Lembah Colol warnai peringatan Hari Pariwisata Sedunia
Baca juga: Mabar permudah wisatawan lewat layanan transaksi non tunai


Ia mengatakan dalam berbagai kegiatan festival juga diisi kegiatan pameran berbagai produk UMKM Kabupaten Manggarai Timur seperti kriya, Kuliner dan kerajinan tangan.

Sementara itu Elviana salah satu pelaku UMKM Amor Craft yang memproduksi kerajinan tangan antusias dengan penyelenggaraan festival pelangi lembah Colol menjadi salah satu wadah untuk mempromosikan produknya.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya festival pelangi lembag Colol, karena diberi ruang untuk menampilkan dan menjual produk-produk kami. Kami berharap acara-acara seperti ini bisa lebih sering diselenggarakan supaya bisa menjadi sarana bagi kami para pelaku UMKM lokal bisa memasarkan produk,” ungkap Elviana.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) pada 2023 telah mengelar dua festival pariwisata dan budaya di Desa Ulu Wae Kecamatan Lamba Leda Timur.

Dua festival dalam bidang pariwisata itu yakni penyelenggaraan Festival Kopi Lembah Colol yang berlangsung pada Juni 2023 dan penyelenggaraan Festival Pelangi Lembah Colol yang telah dilakukan pada 22-24 September 2023 lalu.