PLN amankan pasokan listrik pada puncak Hari Maritim Nasional ke 59 di Kota Kupang

id pln,listrik,ntt

PLN amankan pasokan listrik pada puncak Hari Maritim Nasional ke 59 di Kota Kupang

PLN UIW NTT telah berhasil mengamankan kelistrikan dalam acara puncak Hari Maritim Nasional yang ke-59 di Kota Kupang. (ANTARA/HO-PLN NTT)

Masing-masing lokasi mendapat pasokan listrik sebanyak dua sampai tiga backup dan petugas siaga, dengan suplai utama menggunakan genset...
Kupang (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur telah berhasil mengamankan kelistrikan dalam acara puncak Hari Maritim Nasional yang ke-59 di Kota Kupang.

"Masing-masing lokasi mendapat pasokan listrik sebanyak dua sampai tiga backup dan petugas siaga, dengan suplai utama menggunakan genset, kemudian dibackup Unintrerupable Power Supply (UPS) yang sudah dilakukan Maintenance seperti ganti oli, pembersihan filter BBM, dan pengecekan aki sebelumnya," kata General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu, (25/10/2023).

Puncak Hari Maritim Nasional yang ke 59 di Kota Kupang telah terlaksana pada Kamis (12/10/2023) yang dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam acara itu, Sindu menyampaikan PLN memberikan suplai listrik yang andal.

Pertama, untuk VVIP Bandara Eltari disuplai dengan genset PLN 64 kVA dan suplai backup dari sistem jaringan listrik Timor.

Selanjutnya pada acara di Lantamal Kupang, PLN menyediakan suplai utama berasal dari UPS PLN 250 kVA yang mendapat energi charge utama dari UGB PLN 250 kVA sistem jaringan listrik Timor.

Lalu beriukutnya ada suplai utama melalui Genset PLN 40 KVA dan suplai backup dari sistem jaringan listrik Timor di Rumah Makan Handayani Kota Kupang.

Ia menerangkan selama kunjungan tersebut PLN menerapkan siaga kelistrikan dengan menyiapkan petugas siaga 24 jam, standar operating procedure (SOP), dan simulasi switching supply listrik apabila terjadi gangguan pada suplai utama di masing-masing titik.

Baca juga: PLN berkomitmen perluas pasar bagi UMKM NTT

PLN juga sudah melakukan uji switching sebelumnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pasukan PLN juga disiapkan tersebar di beberapa titik, Regional Control Cente (RCC) Maulafa, dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kupang.

Baca juga: PLN : Program "electrifying agriculture" mencapai 230 ribu pelanggan

Sindu Putra menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga acara berjalan dengan lancar dan listrik aman.