Sebanyak 50 atlet ikuti ajang Korem Wira Sakti Duathlon 2023

id NTT,Dutahlon 2023,Kota Kupang,Korem 161/WS

Sebanyak 50 atlet ikuti ajang Korem Wira Sakti Duathlon 2023

Sejumlah atlet mengikuti lomba Wirasakti Duathlon 2023 di Kota Kupang, Sabtu (18/11). ANTARA/Kornelis Kaha

Kita tahu bahwa tahun 1970-an sampai 1980-an ada banyak atlet-atlet asal NTT di bidang atletik yang berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional...
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 50 atlet di sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur meriahkan lomba Duathlon 2023 yang diselenggarakan oleh Korem 161/Wira Sakti Kupang, di Kota Kupang.

Komandan Korem 161/Wira Rasakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang kepada wartawan di Kupang, Sabtu, (18/11/2023) mengatakan bahwa kegiatan olahraga Duathlon itu belum terlalu dikenal oleh masyarakat NTT.

"Karena itu, kami berinisiatif untuk memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat umum," katanya di sela-sela acara lomba tersebut.

Lomba Duathlon yang digelar oleh Korem 161/Wira Sakti itu menampilkan dua jenis rintangan, yakni rintangan lari 5 Km, kemudian dilanjutkan bersepeda sejauh 20 Km, dan kembali berlari sepanjang 2,5 Km untuk sampai ke garis akhir.

Peserta lomba tidak hanya dari wilayah Kota Kupang saja, tetapi juga sejumlah atlet dari Kabupaten Rote Ndao dan kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut Komandan berbintang satu itu mengatakan bahwa lomba Duathlon itu dilaksanakan guna menjaring atlet-atlet yang ada di NTT, dengan harapan ada bakat-bakat unggul yang dapat dimanfaatkan untuk mewakili NTT di tingkat nasional atau internasional.

Orang nomor satu di Korem 161/Wira Sakti itu juga menilai, NTT memiliki banyak bakat-bakat atlet di bidang atletik, yang jika dibina akan mengharumkan nama NTT sendiri dan bangsa Indonesia di tingkat internasional.

"Kita tahu bahwa tahun 1970-an sampai 1980-an ada banyak atlet-atlet asal NTT di bidang atletik yang berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional," ujar dia.

Karena itu dengan adanya kegiatan itu, pihaknya akan menjaring lagi dan menyeleksi siapa saja yang cocok untuk dibina agar menjadi atlet handal.

Baca juga: Lanudal Kupang jaring calon atlet panahan

Dia menambahkan, bahwa Korem 161/Wira Sakti Kupang juga sengaja memulai serta menggerakkan olahraga tersebut, dengan harapan akan ada lagi pihak tertentu yang terlibat dan menyelenggarakan olahraga itu lagi, karena antusias peserta sangat banyak.

Baca juga: PB PASI harap IFG Labuan Bajo Marathon lahirkan bibit atlet

"Jika olahraga ini semakin banyak dikenali maka akan semakin banyak juga atletnya," tambah dia.