PB PASI harap IFG Labuan Bajo Marathon lahirkan bibit atlet

id Ifg, ifg labuan bajo marathon, bumn, pb pasi, atletik, lomba lari, lari marathon, labuan bajo, manggarai barat, ntt

PB PASI harap IFG Labuan Bajo Marathon lahirkan bibit atlet

Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung usai Media Gathering IFG Labuan Bajo Marathon di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (28/10/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Lomba ini memang untuk mengenalkan atletik pada masyarakat, sehingga bisa menarik orang masuk ke atletik...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) berharap penyelenggaraan kegiatan Indonesia Financial Group (IFG) Labuan Bajo Marathon di Labuan Bajo, Manggarai Barat, dapat melahirkan bibit unggul atlet lari dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Lomba ini memang untuk mengenalkan atletik pada masyarakat, sehingga bisa menarik orang masuk ke atletik," kata Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung usai Media Gathering IFG Labuan Bajo Marathon di Labuan Bajo, Jumat, (28/10/2022).

Dia menjelaskan NTT memiliki sejumlah atlet lari terbaik nasional, salah satunya Eduardus Nabunome (alm) yang menjadi pelari maraton terbaik di Asia Tenggara dengan rekor 2 jam 20 menit 27 detik pada era 1980-an. Sehingga, bukan tidak mungkin Labuan Bajo bahkan NTT dapat melahirkan atlet unggul di bidang atletik seperti yang selama ini terjadi pada berbagai perhelatan cabang olahraga atletik.

Berkaitan dengan potensi bibit unggul dari NTT, Tigor mendorong adanya kebijakan dari pemerintah terkait kewajiban pembelajaran olahraga atletik di sekolah-sekolah.

Dengan demikian, adanya bibit-bibit unggul dari bidang olahraga atletik yang bisa muncul.

"Kalau dia fokus dan setia di atletik, dia bisa jadi bintang atletik," katanya.

Dalam penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon, PB PASI berfungsi sebagai pendamping dari Indonesia Financial Group (IFG) sebagai penyelenggara untuk memantau agar perlombaan lari itu berjalan sesuai syarat dan ketentuan olahraga atletik.

PB PASI pun telah melakukan survei terlebih dahulu terkait kelayakan lintasan dan elevasi untuk penyelenggaraan lomba lari maraton itu.

Dari segi lintasan, ada standar elevasi, jarak, keamanan dan keselamatan lintasan, yang mana ada banyak penyesuaian mengingat lintasan di Labuan Bajo yang sangat menantang. PB PASI pun akan terus memberikan dukungan bagi IFG selama kegiatan tersebut berlangsung.

"Lintasannya memang ekstrem, kita coba sesuaikan. Jadi ada penyesuaian sehingga tidak terlalu berisiko," ungkapnya.

Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) menyelenggarakan IFG Labuan Bajo Marathon sebagai salah satu sport tourism dengan rute menantang di Labuan Bajo.

Perhelatan lomba lari ini akan dilaksanakan, Sabtu pagi dengan kategori Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), kategori 10K, dan kategori 5K.

Baca juga: IFG Labuan Bajo Marathon dukung pelaku usaha melalui bazar UMKM

Baca juga: Warga Labuan Bajo ikut lomba dayung dari IFG Labuan Bajo Marathon