Pemkab Manggarai Barat apresiasi PLN bangun internet desa

id NTT,internet desa,pln bangun internet desa,internet desa Manggarai barat

Pemkab Manggarai Barat apresiasi PLN bangun internet desa

Manager Pemasaran PT PLN Icon Plus, Agustino Kuncoro sedang menjelaskan tentang pembangunan interner di desa-desa di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat)

...Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan terima kasih untuk pelayanan PLN yang selama ini sudah berjalan sangat baik di daerah ini. Jika selama ini hanya pelayanan listrik, sekarang dengan pelayanan internet berbasis jaringan fiber optik
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengapresiasi PLN Icon Plus yang memfasilitasi pembangunan layanan internet berbasis jaringan fiber optik atau Iconnet di desa-desa di kabupaten ujung barat Pulau Flores itu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Laurensius Y.A. Nabu menegaskan hal itu dalam pertemuan audiensi Soluli Smart City untuk Kabupaten Manggarai Barat di ruang rapat PT PLN Unit Pelayanan Pelanggan dan Pemasaran (UP3) Labuan Bajo.

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan terima kasih untuk pelayanan PLN yang selama ini sudah berjalan sangat baik di daerah ini. Jika selama ini hanya pelayanan listrik, sekarang dengan pelayanan internet berbasis jaringan fiber optik," kata Laurensius Y.A. Nabu seperti dalam keterangan yang diterima dari Diskominfo Manggarai Barat, Kamis, (23/11/2023).

Ia berharap melalui pembangunan jaringan internet di desa-desa itu segera terwujud guna mendukung pelayanan pemerintah dilakukan di desa-desa.

"Apa lagi saat ini banyak desa dan terutama Puskesmas yang menggunakan pelayanan online tapi masih terkendala karena jaringan internet yang belum memadai, sehingga diharapkan melalui program internet yang menjangkau desa-desa bisa mengatasi kendala jaringan internet yang dihadapi masyarakat Manggarai Barat," kata Laurensius Y.A. Nabu dalam kegiatan yang turut dihadiri General Manager PLN Icon Pus, Iwan Sofyan Sory dan Manager Pemasaran PT PLN Icon Plus, Agustino Kuncoro.

Laurensius Y.A. Nabu menegaskan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendukung penuh terhadap pembangunan internet desa dengan menggunakan jaringan fiber optik.

Sementara itu Manager Pemasaran PT PLN Icon Plus, Agustino Kuncoro menjelaskan bahwa Icon Plus, merupakan sebuah perusahaan yang berada di bawah PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan fokus pada penyediaan jaringan, jasa dan content telekomunikasi, khusus untuk mendukung teknologi dan system informasi PT PLN (Persero) dan publik.

Dia menjelaskan layanan internet berbasis jaringan fiber optik yang akan dipasang akan memanfaatkan infrastruktur PLN yang selama ini sudah dibangun seperti tiang listrik yang sudah terpancang.

Menurut Agustinus sudah ada beberapa daerah yang memanfaatkan jasa pelayanan internet berbasis jaringan fiber optik dan berjalan dengan sangat baik. 

Baca juga: PLN bilang akan memasukan nuklir dalam sistem sebelum 2040

Sehingga dia berharap agar layanan ini juga dapat berjalan dengan baik di Manggarai Barat.

Baca juga: PLN bangun infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik di IKN

Karena sistem jaringan internet ini masih tergolong baru untuk desa-desa di Manggarai Barat, maka pada tahap awal ini akan ditentukan empat kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat sebagai daerah percontohan yaitu kecamatan Komodo, Boleng, Mbeliling dan Sano Nggoang.