Pupuk Indonesia cek penyerapan pupuk bersubsidi di NTT jelang akhir tahun

id NTT,pupuk Indonesia ,penyerapan pupuk di Indonesia

Pupuk Indonesia cek penyerapan pupuk bersubsidi di NTT jelang akhir tahun

Manajemen PT Pupuk Indonesia melakukan pengawasan penyerapan pupuk bersubsidi di NTT. ANTARA/Ho-PT. Pupuk Indonesia

Untuk mempersiapkan penyerapan pupuk di akhir tahun, memasuki musim tanam di NTT, Pupuk Indonesia memiliki ketersediaan pupuk bersubsidi sebanyak 13.113 ton untuk kebutuhan petani sampai akhir tahun ini,
Kupang (ANTARA) - Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) mengecek secara langsung penyerapan dan pengawasan pupuk bersubsidi akhir tahun 2023 di Nusa Tenggara Timur.

 Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha Pupuk Indonesia, Jamsaton Nababan dalam keterangan yang diterima di Kupang, Minggu (17/12) mengatakan bahwa untuk memastikan penyerapan dan pengawasan penyaluran produk mereka, dirinya telah mengunjungi sejumlah stakeholder pengawasan pupuk bersubsidi di NTT.

“Mulai dari baik kepolisian maupun kejaksaan. Selain itu juga melihat sejumlah aktivitas pertanian dan kesiapan sejumlah fasilitas distribusi Pupuk Indonesia di NTT,” katanya.
 
Saat mengecek kesiapan distribusi, Jamsaton juga mengajak petani dan stakeholder lainnya untuk mengoptimalkan penyerapan pupuk bersubsidi di akhir tahun 2023. Pihaknya mengunjungi  dan bertemu Wakapolda, Plt. Kajati dan Kepala Dinas Pertanian sebagai upaya kami meningkatkan sinergitas.

Hal ini dalam rangka mendukung program Percepatan Tanam Kementerian Pertanian Republik Indonesia, serta meningkatkan produktivitas pertanian di dalam negeri khususnya lagi di wilayah NTT sendiri.
 
“Dengan sisa waktu dua pekan menuju akhir tahun 2023, kami berharap petani dan distributor dapat mengoptimalkan penyaluran pupuk bersubsidi,” ujar dia.

Penyaluran ini ujar dia harus memperhatikan ketertiban administrasi maupun kepatuhan terhadap aturan yang berlaku, khususnya menjaga agar penyaluran berjalan dengan baik dan tepat sasaran.
 
Lebih lanjut Jamsaton mengungkapkan bahwa, saat ini penebusan pupuk bersubsidi di NTT masih perlu ditingkatkan. Kekeringan akibat fenomena El Nino sepanjang tahun 2023 menjadi salah satu penyebabnya.
 
"Saat ini sudah memasuki musim penghujan. Untuk mempersiapkan penyerapan pupuk di akhir tahun, memasuki musim tanam di NTT, Pupuk Indonesia memiliki ketersediaan pupuk bersubsidi sebanyak 13.113 ton untuk kebutuhan petani sampai akhir tahun ini," tandasnya.

Baca juga: Kejati NTT koordinasi dengan Timor Leste soal penangkapan DPO korupsi pupuk
Baca juga: Polairud NTT kejar pemilik 2,5 ton pupuk dalam bungker

 
Stok per tanggal 10 Desember 2023 tersebut terdiri dari pupuk Urea sebanyak 6.583 ton atau setara 309 persen dibandingkan dengan ketentuan minimum yang diatur Pemerintah. Kemudian pupuk NPK Phonska sebanyak 6.530 ton  atau 279 persen di atas ketentuan minimum pemerintah.
 
"Tujuan utama kami ke NTT adalah untuk memastikan kesiapan perusahaan, mulai dari gudang, distributor, dan kios dalam mengoptimalkan penyerapan pupuk bersubsidi akhir tahun oleh petani. 

Posisi pupuk tersebut juga ujar dia,  sekarang sudah berada di Lini III atau gudang penyangga level kabupaten/kota, dan siap untuk diserap oleh petani.
 
Sementara untuk menjamin kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi di 22 kabupaten/kota yang ada di NTT, Pupuk Indonesia menyiapkan sejumlah fasilitas distribusi. Antara lain sebanyak 17 unit gudang penyangga, kemudian 11 Distributor, dan 141 Kios.
 
 "Pupuk Indonesia juga memiliki 12 petugas lapangan di NTT yang siap mendampingi proses penyaluran pupuk bersubsidi, dan memastikan semua petani yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi menerimanya sesuai dengan regulasi," ujarnya.
 
Lebih lanjut, ia juga menjelaskan jika tidak semua petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Petani yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi harus memenuhi kriteria yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022, yaitu wajib tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (SIMLUHTAN), menggarap lahan maksimal dua hektare. Selain itu, komoditas strategis yang berhak menerima subsidi pupuk, antara lain padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu, dan kakao.
 
"