Imigrasi Atambua siagakan puluhan personel antisipasi pelintas batas

id Pelintas batas, NTT,Kota Kupang,Kanwil Kemenkumham NTT,Kemenkumham NTT

Imigrasi Atambua siagakan puluhan personel antisipasi pelintas batas

Dok. Pelintas batas sedang mengantre di PLBN Mota Ain. ANTARA/Kornelis Kaha

Untuk tiga Pos Lintas Batas Negara(PLBN) baik itu di Mota Ain, Wini dan juga di PLBN Motamasin secara keseluruhan ada 51 personel yang kita siagakan...
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Atambua, di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) menyiagakan 51 personel untuk mengantisipasi membludaknya pelintas batas dengan Timor Leste  jelang Natal 2023 serta tahun baru 2024.

"Untuk tiga Pos Lintas Batas Negara(PLBN) baik itu di Mota Ain, Wini dan juga di PLBN Motamasin secara keseluruhan ada 51 personel yang kita siagakan," kata Kepala Imigrasi Atambua, Indra Maulana D  ketika dikonfirmasi dari Kupang, Kamis, (21/12/2023) usai menghadiri konferensi pers akhir tahun.

Dia merinci dari 51 personel itu, paling banyak personel disiagakan di PLBN Mota Ain dengan jumlah 32 orang, yang mana tujuannya untuk mengantisipasi membludaknya pelintas batas di PLBN itu.

Sementara itu untuk PLBN Motamasin yang ada di Kabupaten Malaka jumlah personel yang disiapkan berjumlah delapan orang, lalu yang berada di PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berjumlah 11 personel.

"Selama libur Natal dan tahun baru kami wajibkan seluruh personel siaga," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa, sejumlah personel tersebut diambil dari beberapa pos lintas batas yang minim perlintasan orang, dengan tujuan agar pelayanan di sejumlah PLBN bisa maksimal.

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone mengatakan bahwa berdasarkan laporan harian, kini jumlah pelintas batas di Mota Ain per hari bisa mencapai 1.100 orang.

Sementara itu di PLBN Motamasin, per harinya bisa mencapai 110 orang, sementara di PLBN Wini per hari mampu mencapai 150 orang.

"Kemungkinan mendekati Natal nanti jumlah pelintas batasnya akan meningkat," ujar dia.

Berdasarkan data pelintas batas per tahun di tiga PLBN itu dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 misalnya jumlah pelintas batasnya mencapai 6.246.

Baca juga: Imigrasi Atambua prediksi ribuan orang melintasi Pos Mota Ain

Angka tersebut kecil dikarenakan pada masa itu masih dalam masa Covid-19. Kemudian di tahun 2022 naik cukup signifikan, dimana angkanya pelintas batasnya mencapai 130.113 orang.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo permudah pelayanan WNA lewat Si Cantik Curhat

Lalu untuk tahun 2023 mulai dari Januari-awal Desember 2023 jumlah pelintas batas yang melintas melalui sejumlah PLBN itu mencapai 332.562 orang.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi Atambua siagakan 51 personel antisipasi pelintas batas