Imigrasi Atambua prediksi ribuan orang melintasi Pos Mota Ain

id PLBN Mota Ain,Natal Tahun Baru,arus mudik di PLBN,Kota Kupang

Imigrasi Atambua  prediksi  ribuan orang melintasi Pos Mota Ain

Dok. Suasana padatnya pelintas batas di PLBN Mota Ain, Kabupaten Atambua. ANTARA/Kornelis Kaha

...Kami prediksi jumlah pelintas batasnya akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru ini, kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana D dari Atambua, Kamis, (21/12/2023)
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, memprediksi jumlah pelintas batas yang melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain pada liburan Natal dan Tahun Baru 2024 berkisar 1.500 orang -- 2.000 orang dalam sehari.

"Kami prediksi jumlah pelintas batasnya akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana D dari Atambua, Kamis, (21/12/2023).

Hal ini disampaikan saat jumpa pers akhir tahun yang dilakukan secara oleh Kanwil Kemenkumham NTT.

Dia mengatakan bahwa jumlah pelintas batas negara lebih tinggi di PLBN Mota Ain jika dibandingkan dengan dua PLBN lainnya baik Wini dan juga PLBN Motamasin.

"Sampai dengan Rabu kemarin jumlah pelintas batas di PLBN Mota Ain mencapai 1.100 orang," ujar dia.

Sementara di PLBN Wini berjumlah 150 pelintas batas, dan PLBN Motamasinnya berjumlah 110 pelintas batas. Diperkirakan total pelintas batas di ketiga PLBN itu pada Rabu (20/12) mencapai 1.350 orang per hari.

Baca juga: Kakanwil Kumham: Setiap hari 800 orang melintas melalui PLBN Mota Ain.

Dia menambahkan bahwa meningkatnya pelintas batas di PLBN Mota Ain tidak hanya berasal dari WNA dari Timor Leste, tetapi juga WNI yang hendak berkunjung ke Timor Leste.

Hal ini karena hubungan budaya serta kekeluargaan antara masyarakat di Pulau Timor khususnya Atambua masih terjalin dengan baik, sehingga hampir setiap hari jelang Natal selalu ada saja WNA atau WNI yang melintas karena urusan keluarga.

Baca juga: Imigrasi Atambua layani puluhan penumpang bus ALBN Kupang-Dili

Tak hanya itu, banyak juga mahasiswa dari Timor Leste yang mengenyam pendidikan di sejumlah universitas di Kota Kupang, sehingga saat liburan Natal dan Tahun Baru 2024 kembali ke Timor Leste untuk berkumpul bersama keluarga mereka.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi Atambua prediksi ribuan orang lintasi Pos Mota Ain