BMKG peringatkan potensi angin kencang di seluruh wilayah NTT

id bmkg,cuaca ekstrem,bencana,ntt

BMKG peringatkan potensi angin kencang di seluruh wilayah NTT

Rumah warga di Kelurahan Mbongawani, Ende, NTT yang rusak karena angin kencang, Senin (11/3/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Waspadai pohon tumbang karena angin kencang, kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Sti Nenotek di Kupang, Kamis, (15/3/2024)
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur hingga 16 Maret 2024.

"Waspadai pohon tumbang karena angin kencang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Sti Nenotek di Kupang, Kamis, (14/3/2024).

Cuaca ekstrem terjadi di Provinsi NTT sejak 8 Maret karena aktifnya gelombang Equatorial Rossby. Selain itu ada dua bibit siklon tropis yakni 91S dan 94P yang turut memberikan dampak tidak langsung pada kondisi cuaca di NTT.

Sti mengingatkan masyarakat yang melakukan perjalanan untuk berhati-hati dengan adanya potensi angin kencang saat ini.

Hujan deras disertai angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang di daerah yang rawan longsor.

Ia mengingatkan masyarakat untuk segera menepi atau mencari tempat yang aman apabila terjadi hujan deras, dan jangan berteduh di bawah pohon.

BMKG telah menyebarluaskan informasi peringatan dini terkait cuaca ekstrem ini kepada pemangku kepentingan kebencanaan yang ada di NTT.

Ia berharap adanya upaya mitigasi bencana sehingga dapat mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem.

"Waspada juga jalanan yang licin dan rusaknya atap bangunan atau fasilitas umum lainnya," ucap Sti.

Berdasarkan pendataan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, angin kencang telah menyebabkan kerusakan pada rumah warga dan bangunan lain di beberapa kabupaten.

Baca juga: BPBD Ende catat angin kencang dan abrasi pantai rusak rumah warga empat kecamatan

Baca juga: BMKG ingatkan banjir rob di empat wilayah perairan NTT


Cuaca ekstrem ini juga menyebabkan gelombang tinggi dan banjir pesisir yang juga berdampak pada rumah warga di sekitar pantai.

Baca juga: BMKG: Ada indikasi bibit siklon tropis di selatan NTT

"Segera lakukan evakuasi mandiri jika hujan deras berdurasi panjang," kata dia.