Indosat sebut telah sediakan jaringan 4G dan 5G di IKN

id NTT,Indosat,Kota Kupang,IOH,IKN,HUT RI

Indosat sebut telah sediakan jaringan 4G dan 5G di IKN

Kesiapan infrastruktur jaringan Indosat di IKN. ANTARA/Ho-Indosat

...Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84 persen. Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44 persen, kata Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung dalam keter
Kupang (ANTARA) - Indosat Ooredo Hutchison (Indosat atau IOH)  menyatakan sampai dengan saat ini pihaknya telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84 persen. Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44 persen,” kata Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa, (30/7).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kesiapan dari IOH dalam mendukung perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Dia menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas ini juga didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). 

Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. 

Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Tak berhenti di situ, dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN. 

Lebih lanjut, Indosat juga memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang telah mencakup 89 persen populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100 persen populasi di Kota Samarinda. 

Kedepannya, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.
 


Baca juga: Juara TRI H3RO Esports wakili Indonesia World Esports Championship 2024

Baca juga: Indosat salurkan bantuan untuk korban erupsi gunung Lewotobi di Flores Timur

Baca juga: Indosat catat pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten selama 2023