Dinkes: Vaksinasi polio capai 44.978 anak di Kota Kupang

id NTT,Polio,Kota Kupang,PIN Polio

Dinkes: Vaksinasi polio capai 44.978 anak di Kota Kupang

Pelaksanaan pemberian vaksin polio kepada anak di Kupang. ANTARA/Mega Tokan

Sesuai data per tanggal 30 Juli kemarin, capaian vaksinasi polio di Kota Kupang sudah mencapai 44.978 anak...
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mencatat capaian vaksinasi polio bagi anak usia 0-7 tahun daerah itu pada tahap pertama telah mencapai 44.978 anak dari target 74.614 anak.

"Sesuai data per tanggal 30 Juli kemarin, capaian vaksinasi polio di Kota Kupang sudah mencapai 44.978 anak," kata Kepala Dinkes Kota Kupang Retnowati di Kupang, Rabu, (31/7) terkait capaian vaksinasi polio di kota itu.

Dinkes Kota Kupang, kata dia, diberikan target agar vaksinasi bagi anak-anak capai 95 persen. Namun, menurut dia, jika sesuai dengan data agregat Kota Kupang maka seharusnya target 95 persen anak itu sudah tercapai, karena sesuai data penduduk usia tunggal yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang jumlah riil anak yang divaksin mencapai 44.978 orang.

"Jadi seharusnya jika dilihat dari data itu maka capaian Kota Kupang sudah 95 persen," ujar dia.

Menurut dia, angka 74.614 anak yang ditargetkan kepada Dinkes Kota Kupang sangat tinggi sehingga perlu direvisi kembali.

Baca juga: Dinkes Mabar minta peran orang tua sukseskan PIN Polio 2024

Namun, kata dia, petugas kesehatan masih terus mendata dan mencari tahu anak-anak yang belum divaksin dengan sistem penyisiran dari rumah ke rumah.

Baca juga: Polda NTT kerahkan bhabinkamtibmas bantu sukseskan PIN Polio


"Kami juga sudah masuk dalam tahap sweeping saat ini, agar jika ada yang belum menerima vaksinasi polio, maka akan langsung diberikan di tempat," ujarnya.