Pemkab Manggarai sebut infrastruktur air bersih Plan bantu warga sekitar

id NTT,Plan Inodneia,Kota Kupang,Plan Indonesia,infrastruktur air bersih,air bersih

Pemkab Manggarai sebut infrastruktur air bersih Plan bantu warga sekitar

Peresmian dan penyerahan infrastruktur air minum kepada warga di Manggarai. (ANTARA/HO-Plan Indonesia)

Terima kasih banyak untuk Plan Indonesia, melalui Jelajah Timur dan untuk semua masyarakat yang sudah berkontribusi dalam pembangunan air bersih di Desa Ulu Belang ini...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur,  menilai infrastruktur air bersih yang dibangun oleh Yayasan Plan Internasional Indonesia (Plan Indonesia) untuk masyarakat Desa Ulu Belang, Kecamatan Satarmese akan sangat membantu warga sekitar.

"Melalui program ini, Plan Indonesia mendukung pemerintah daerah dalam upaya mendekatkan jangkauan air bersih bagi masyarakat Manggarai, khususnya di beberapa desa dampingan termasuk Desa Ulu Belang," kata Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (2/8).

Menurut dia, apa yang sudah dibangun oleh Plan Indonesia bisa dimanfaatkan secara baik oleh pemerintah desa beserta masyarakat sekitar.

Masyarakat ujar dia bisa menggunakan sarana prasarana air bersih yang sudah ada ini dengan efektif dan efisien, serta melihat peluang pengembangan untuk keberlanjutan.

"Terima kasih banyak untuk Plan Indonesia, melalui Jelajah Timur dan untuk semua masyarakat yang sudah berkontribusi dalam pembangunan air bersih di Desa Ulu Belang ini," ujar Herybertus.

Lebih lanjut dia menjelaskan selain meningkatkan akses air bersih, proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan praktik hidup sehat dan bersih bagi anak-anak dan keluarga di Desa Ulu Belang.

Programme Implementation & Influencing Director Plan Indonesia Nazla Mariza mengatakan bahwa Plan Indonesia berusaha membantu program pemerintah untuk mencegah terjadinya stunting di NTT.

Oleh karena itu melalui Jelajah Timur pihaknya mengumpulkan donasi dan juga membangun fasilitas air bersih agar keluarga dan anak-anak bisa mendapatkan air bersih.

Program ini bertujuan meningkatkan akses air bersih bagi 1.376 jiwa dari 367 kepala keluarga (KK) di Desa Ulu Belang, Kabupaten Manggarai.

Berdasarkan data dari Pemerintah desa setempat, di Desa Ulu Belang, cakupan air bersih baru mencapai 38,79 persen, dengan prevalensi stunting sebesar 19,7 persen.

Baca juga: Artikel - Dukungan irigasi bagi keberlanjutan pertanian di Kabupaten Kupang

"Anak berhak untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan yang bersih dan sehat termasuk lingkungan dengan akses air bersih memadai. Hal ini masih menjadi tantangan di berbagai desa di NTT yang juga berdampak pada kehidupan anak-anak. Sehingga kami berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat untuk pemenuhan akses air bersih bagi anak dan keluarganya," katanya.

Baca juga: Dirut Pertamina sebut program air bersih terus dilanjutkan

Agar fasilitas yang dibangun itu bisa terus terawat Plan Indonesia juga melakukan peningkatan kapasitas pengurus Organisasi Pengelolaan Air Minum (Opam) melalui metode pelatihan on the job training agar mereka mampu merawat dan mengelola sarana air bersih dengan baik.











Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Manggarai: Infrastruktur air bersih Plan bantu warga sekitar