Pemkab Mabar imbau pelamar CPNS cermati tahapan dan persyaratan

id CPNS, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Pemkab Mabar, Labuan Bajo,seleksi CPNS

Pemkab Mabar  imbau pelamar CPNS cermati tahapan dan persyaratan

Kepala BKPSDMD Manggarai Barat Thomas Faran. (ANTARA/Gecio Viana)

Hingga pukul 17.00 Wita baru empat lamaran yang masuk...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) setempat mengimbau para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024 untuk menyiapkan diri dan mencermati tahapan dan persyaratan yang telah diumumkan.
 
"Pengumuman telah disampaikan di laman resmi kantor kami silahkan akses di https://bkpsdmd.manggaraibaratkab.go.id," kata Kepala BKPSDMD Manggarai Barat Thomas Faran di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, (21/8).
 
Ia menjelaskan pendaftaran CPNS telah dibuka pada 20 Agustus sampai dengan 6 September 2024 dan tertuang dalam pengumuman Nomor: BKPSDMD.810/2198/VIII/2024 tentang Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2024.
 
"Hingga pukul 17.00 Wita baru empat lamaran yang masuk," katanya.
 
Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat membuka lowongan CASN sebanyak 751 formasi, terdiri atas 312 tenaga kesehatan dan 439 tenaga teknis.
 
Dari 751 formasi tersebut terdapat 15 formasi atau dua persen diperuntukkan bagi penyandang disabilitas sesuai ketentuan Permenpan Nomor 6 tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai ASN.
 
"Jangan pernah mereka berpikir bahwa seleksi itu akan hanya terjadi di saat mengikuti ujian computer assisted test (CAT), seleksi itu dimulai saat mendaftar ini sudah bagian seleksi, berarti mereka harus mencermati semua pengumuman dan syarat yang ada," katanya.

Baca juga: Kemenpan-RB siapkan 40 ribu kuota CPNS
 
Ia berharap adanya formasi CPNS di daerah itu bukan saja memenuhi kebutuhan kekurangan tenaga aparatur sipil negara yang dimiliki oleh pemerintah daerah, namun dapat memberikan kesempatan kerja bagi putra-putri daerah dan juga warga dari luar daerah untuk bisa mengabdi di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Manggarai Barat terima 2.544 formasi CPNS dan PPPK tahun 2024
 
"Yang pasti dengan kesempatan kerja yang bisa didapatkan berarti angka pengangguran berkurang walaupun formasinya itu tidak banyak, hanya 751 formasi tetapi ada dampaknya," katanya.