KPU Mabar buka layanan bantuan pendaftaran bakal calon

id KPU Manggarai Barat, KPU Mabar, pilkada, calon bupati dan wakil bupati, NTT

KPU Mabar buka layanan bantuan pendaftaran bakal calon

Ketua KPU Mabar Ferdiano Sutarto Parman. (ANTARA/Gecio Viana)

KPU Mabar sudah siap 100 persen untuk menerima pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati...
Labuan Bajo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka layanan meja bantuan (helpdesk) pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati setempat untuk Pilkada 2024.
 
"KPU Mabar sudah siap 100 persen untuk menerima pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati," kata Ketua KPU Mabar Ferdiano Sutarto Parman dihubungi di Labuan Bajo, Sabtu, (24/8).
 
Ia mengharapkan layanan itu dapat membantu partai politik yang menemukan kendala atau kesulitan dalam pendaftaran pencalonan di Pilkada 2024.
 
"Kami sudah siapkan helpdesk khusus soal pencalonan sebagai upaya kami dalam hal melayani konsultasi dan koordinasi partai politik atau tim penghubung bakal pasangan calon," ujarnya.
 
Sebelumnya, KPU Manggarai Barat secara konsisten telah melakukan sosialisasi tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah itu dengan melibatkan berbagai unsur.
 
"Kami sudah dan akan terus melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih secara masif kepada multi stakeholders agar informasi dan pengetahuan soal demokrasi dan pemilih tersebar kepada seluruh lapisan masyarakat," katanya.
 
Selama ini, kata dia, beberapa elemen yang telah diajak dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih, di antaranya kelompok perempuan, kelompok disabilitas, pelajar dan kelompok pemuda di Manggarai Barat.
 
"Kelompok lain akan kami ajak ke depan untuk bersama kami melaksanakan sosialisasi pemilihan kepada seluruh lapisan masyarakat," katanya.
 
Pada kesempatan terpisah, Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Mabar Agustinus Emil Rahmat mengatakan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Manggarai Barat sebanyak 199.922 pemilih dalam Pilkada 2024 dan ditetapkan dalam rapat pleno terbuka yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.
 
"Sebanyak 199.922 pemilih ini terdiri dari 99.296 pemilih laki-laki dan 100.626 pemilih perempuan," katanya.
 
Ia menambahkan jumlah pemilih sementara ini tersebar di 586 TPS di 169 desa dan 12 kecamatan.

Baca juga: KPU NTT tetapkan 3.993.874 orang masuk DPS Pilkada
 
Jumlah pemilih sementara di Manggarai Barat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Legislatif Februari 2024, sebanyak 196.969 pemilih.

Baca juga: FKUB SBD ajak warga jaga situasi kondusif jelang Pilkada

Jumlah ini bertambah dalam penetapan DPS, baik dari daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hasil sinkronisasi maupun dari DPT pada pemilu lalu yang sebanyak 196.969 orang. Jumlah DP4 hasil sinkronisasi yang diterima KPU Manggarai Barat pada 19 Mei 2024 adalah 194.579 orang.