KPU Kota kupang butuh 3.864 orang KPPS sukseskan Pilkada 2024

id KPU, KOta Kupang,pemilihan anggota KPPS,Pilkada 2024

KPU Kota kupang butuh 3.864 orang KPPS sukseskan Pilkada 2024

Pelaksanaan rekruitmen KPPS di Kota Kupang oleh KPU Kota Kupang. ANTARA/Ho-KPU Kota Kupang

...Kita butuh 3.864 orang KPPS dan perekrutannya sudah dilakukan sejak Selasa kemarin, kata Ketua KPU Kota Kupang Ismael Mannu di Kupang, Rabu, (18/9)
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyatakan bahwa pihaknya membutuhkan kurang lebih 3.864 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mensukseskan Pilkada di daerah itu.

“Kita butuh 3.864 orang KPPS dan perekrutannya sudah dilakukan sejak Selasa kemarin,” kata Ketua KPU Kota Kupang Ismael Mannu di Kupang, Rabu, (18/9).

Hal ini disampaikannya berkaitan tahapan Pilkada 2024 dimana saat ini KPU Kota Kupang sedang melakukan perekrutan KPPS di ibu Kota Provinsi NTT itu.

Dia. mengatakan bahwa 3.864 orang KPPS itu nantinya akan akan ditempatkan di 552 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di 51 Kelurahan di Kota Kupang.

“Setiap TPS nanti akan diisi oleh tujuh orang KPPS, dengan tujuan agar pelaksanaan Pilkada saat pencoblosan berjalan dengan lancar,” ujar dia.

Proses rekruitmen sejumlah KPPS di Kota Kupang sudah dilakukan mulai Selasa (17/9) kemarin, dan ujar dia pelaksanaan rekruitmen akan dilakukan secara ketat dengan tujuan mencari KPPS yang terbaik.

Seleksi ujar dia melihat dari track record dari para calon anggota KPPS, saat menjadi KPPS ketika Pemilu 2024 lalu, sehingga jangan sampai melakukan kesalahan yang sama.

“Ya seperti yang kita tahu di Pemilu kali lalu, banyak sekali KPPS yang diduga terlibat menjadi tim sukses salah satu pasangan calon, nah ini yang kita tidak ingin terjadi di Pilkada kali ini,” ujar dia.

Karena itu dia meminta kepada seluruh calon anggota KPPS agar serius menjadi anggota KPPS dan tidak punya embel-embel lain.

Baca juga: KPU sebut tiga paslon kepala daerah bertarung di Sumba Barat

Sesuai jadwal dan tahapan, pasca penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS 17 hingg 28 September 2024 maka diikuti dengan penelitian administrasi calon anggota KPPS pada 18 hingga 29 September 2024.

Baca juga: KPU Kota Kupang terima hasil tes kesehatan bakal pasangan calon

Pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS pada 30 September - 2 Oktober 2024.