Empat Terminal Segera Dibangun di NTT

id Pelabunan

Empat Terminal Segera Dibangun di NTT

Terminal penumpang pelabuhan Tenau Kupang

"Mulai Maret tahun ini sudah akan dilaksanakan Groundbreaking, mulai dari Ende, Ipi, Waingapu dan Kalabahi," kata Boy R
Kupang (Antara NTT) - Sebanyak empat terminal penumpang di wilayah Nusa Tenggara Timur pada 2017 segera dibangun sebagai bagian dari memberikan kenyamanan kepada penumpang, kata General Manejer PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Kupang Boy R.

"Mulai Maret tahun ini sudah akan dilaksanakan Groundbreaking, mulai dari Ende, Ipi, Waingapu dan Kalabahi," katanya saat ditemui di Kupang, Kamis.

Sebelumnya, pada Desember lalu Pelindo III telah melakukan acara peletakan batu pertama untuk pembangunan terminal penumpang di pelabuhan L Say Maumere.

Pembangunan sejumlah terminal penumpang di NTT itu merupakan bagian dari revitalisasi sejumlah terminal penumpang yang menjadi program dari Pelindo III.

Untuk wilayah NTT sendiri mendapatkan porsi paling banyak sebab ada enam terminal penumpang yang masuk dalam program revitalisasi. Keenam terminal penumpang tersebut adalah Pelabuhan Tenau Kupang, Maumere, Waingapu, Ende, Kalabahi dan Pelabuhan Ippi.

Sementara lima lainnya berada di luar NTT mulai dari Pelabuhan Lembar dan Bima di NTB, Pelabuhan Sampit dan Kumai di Kalteng serta Pelabuhan Batulicin Kalsel.

"Untuk pelabuhannya memang sudah ada. Namun, untuk meningkatkan layanan publik dan kenyamanan penumpang kapal laut, kami lakukan perbaikan. Total semua ada 11 terminal pelabUhan yang direvitalisasi," ujar Boy.

Dia mengatakan, untuk merevitalisasi 11 pelabuhan tersebut manajemen PT Pelindo III menguncurkan dana sebesar Rp350 miliar.

Investasi sebesar Rp350 miliar digunakan dengan acuan tiga klasifikasi sesuai dengan kapasitas penumpang di tiap pelabuhan. Yakni, terminal penumpang dengan daya tampung 750 hingga 1.500 orang.

Secara detail, terminal penumpang yang masuk dalam klasifikasi berkapasitas 750 orang meliputi Pelabuhan Waingapu, Kalabahi, Bima, Ende dan Ippi.

Yang berkapasitas 1.000 orang adalah Pelabuhan Maumere dan Batulicin. Sementara itu, yang berkapasitas 1.500 orang mencakup Pelabuhan Tenau Kupang, Lembar, Kumai dan Sampit.