KPU minta daerah siapkan rancangan anggaran Pilkada 2020

id pilkada 2020

KPU minta daerah siapkan rancangan anggaran Pilkada 2020

Ketua KPU NTT Thomas Dohu. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

KPU Nusa Tenggara Timur menginstrusikan kepada semua daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 2020, untuk segera mempersiapkan rancangan anggaran guna diajukan kepada pemerintah.
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  menginstrusikan kepada semua daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 2020, untuk segera mempersiapkan rancangan anggaran guna diajukan kepada pemerintah.

"Kami sudah minta kepada semua daerah yang menggelar Pilkada, untuk segera mempersiapkan rancangan anggaran guna diajukan kepada pemerintah untuk dibahas dalam APBD perubahan 2019 dan 2020," kata Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu kepada ANTARA di Kupang, Selasa (25/6).

Pada pilkada serentak tahap dua pada 2020 di NTT, akan ada sembilan kabupaten yang akan menyelenggarakannya, yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Ngada di Pulau Flores, Sumba Timur, Sumba Barat di Pulau Sumba, Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU) di Pulau Timor serta Sabu Raijua di Pulau Sabu.

Menurut dia, persiapan yang berkaitan dengan anggaran ini penting dilakukan secepatnya, karena tahapan pelaksanaan pilkada 2020 bisa saja dimulai pada 2019.

"Tahapan, program dan jadwal dimulainya pelaksanaan pilkada hingga penetapan pemenang masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), tetapi daerah sudah harus mulai mempersiapkan anggaran," katanya.

Dia juga berharap, pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dan bekerja sama dalam pembahasan hingga penetapan anggaran untuk membiayai pelaksanaan pilkada di daerah masing-masing. 

Baca juga: NasDem NTT berbenah hadapi Pilkada 2020
Baca juga: KPU Timor Tengah Utara butuh Rp29 miliar untuk biayai Pilkada 2020