Benarkah Armin Tan pelatih yang lahirkan banyak juara dunia tinju?

id Tibo Monabesa

Benarkah Armin Tan pelatih yang lahirkan banyak juara dunia tinju?

Pelatih Armin Tan (kanan) mengarak petinju Indonesia Tibo Monabesa (tengah) keliling ring tinju usai melaksanakan pertandingan memperebutkan gelar juara dunia International Boxing Organization (IBO) kelas terbang melawan petinju Australia Omari Kimweri di GOR Oepoi Kota Kupang, NTT, Minggu (7/7/2019) malam. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).

Salah satu pelatih tinju di Indonesia Armin Tan mengklaim dirinya sebagai pelatih tercepat di Indonesia yang berhasil melahirkan banyak juara dunia tinju, seperti Tibo Monabesa.
Kupang (ANTARA) - Salah satu pelatih tinju di Indonesia Armin Tan mengklaim dirinya sebagai pelatih tercepat di Indonesia yang berhasil melahirkan banyak juara dunia tinju, seperti Tibo Monabesa.

"Saya pelatih tercepat di Indonesia yang melahirkan juara dunia. Hanya dalam kurun waktu tiga tahun saya melatih Tibo dan semalam Tibo berhasil menjadi juara dunia," kata Armin Tan kepada ANTARA di Kupang, Senin (8/7), menanggapi anak asuhnya yang berhasil menjuarai kejuaraan tinju dunia, Minggu (7/7) usai mengalahkan petinju asal Australia Omari Kimweri.

Ia menambahkan sampai saat ini tak ada pelatih di Indonesia yang bisa menghasilkan seorang petinju sehingga bisa menjadi juara dunia. Mantan atlet tarung bebas ini juga menceritakan bahwa pertama kali dirinya menemukan Tibo saat masih berusia 23 tahun.

"Saat itu dia masih menjadi seorang sopir angkot di Jakarta. Dan, saya bilang ke dia, saya akan menjadikan kamu juara dunia. Dan semalam terbukti," ujarnya dengan nada bangga.

Ketika menemukan Tibo, pria asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) itu sudah berumur 23 tahun, namun Armin Tan tak kuatir untuk melatihnya sebagai seorang petinju yang sukses.

Terkait rencana berikutnya, Armin yang juga seorang promotor tinju itu menambahkan bahwa tak ingin memikirkan macam-macam terlebih dahulu. "Untuk selanjutnya, kami ingin berlibur dulu. Tentu dia akan menjadi incaran dari petinju di dunia, tetapi itu nanti baru dipikirkan," katanya.

Tibo Monabesa berhasil mengalahkan lawannya, petinju asal Australia dalam 12 ronde penuh setelah tiga hakim memberikan kemenangan angka masing-masing hakim Jerrold Tomeldan memberi nilai 114-113, hakim Kriangsak Thonghong 116-111 dan hakim Cherdchai Srirat 118-110.

Baca juga: Menpora berharap tinju di Kupang hasilkan Chris John baru
Baca juga: Tibo Monabesa juara dunia tinju versi IBO