Lapan Bangun Pusat Sains di Tilong

id Sains

Lapan Bangun Pusat Sains di Tilong

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan Clara Yono Yatini saat sosialisasi tentang pembangunan pusat pendidikan teknologi (sains) di Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

LAPAN akan membangun pusat pendidikan dan pengembangan teknologi (Sains) di Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur dalam tahun ini.
Kupang (Antara NTT) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan membangun pusat pendidikan dan pengembangan teknologi (Sains) di Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur dalam tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Yono Yatini ketika melakukan sosialisasi terhadap rencana pembangunan observatorium nasional di Kecamatan Amfoang Tengah, Selasa.

Dalam kegiatan sosialisasi berlangsung di Fatumonas, ibu kota Kecamatan Fatuleu Tengah, 120 km arah timur kota Kupang itu dihadiri pemerintah, tokoh agama, serta tokoh masyarakat Kabupaten Kupang.

Ia mengatakan, selain membangun observatorium nasional di pegunungan Timau juga membangun pusat sains (sains center) sebagai tempat edukasi bagi masyarakat di Kabupaten Kupang serta NTT pada umumnya.

"Jadi yang dibangun di Kabupaten Kupang ini tidak sebatas astronomi saja tetapi ada juga aspek lain dari sektor pendidikan dan teknologi yang dilakukan untuk kepentingan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat daerah ini," kata Clara.

Dalam kaitan dengan pembangunan sains center di Tilong menurut dia, Lapan sudah mengantongi izin penggunaan lokasi dari pemerintah Kabupaten Kupang.

Pembangunan pusat sains di Tilong lanjutnya, dilakukan bersamaan dengan pembangunan observatorium Nasional di pegunungan Timau, Kecamatan Fatuleu Tengah yang menelan dana sekitar Rp500 miliar.

"Pembangunan pusat sains di Tilong itu dilakukan secara bersamaan dengan pembangunan observatorium nasional di gunung Timau, tentu harus dilakukan tahun 2017 ini karena pengangarannya telah dialokasikan pemerintah pusat taun ini," tegasnya.

Ia mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kupang agar rencana pembangunan pusat sain dan observatoirium nasional di NTT itu berjalan tanpa ada hambatan.

Sementara itu Bupati Kupang, Ayub Titu Eki menyatakan kegembiraanya dengan direalisasikannya pembangunan observatoirum nasional dan pusat sains di Tilong.

"Pemerintah Kabupaten Kupang sangat mendukung rencana pembangunan ini. Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 43 ha di Tilong untuk pembangunan pusat sain dilakukan Lapan," demikian Bupati Ayub Titu Eki.