Parade Kuda Sandelwood akan diwarnai jual beli kuda

id parade kuda sandelwood

Parade Kuda Sandelwood akan diwarnai jual beli kuda

Sejumlah warga memacu kudanya melintasi Pantai Walakiri saat mengikuti kegiatan parade kuda sandelwood yang digelar di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

“Bursa jual beli kuda akan mewarnai kegiatan Parade Kuda Sandelwood selanjutnya karena sudah terbukti memberikan keuntungan langsung bagi masyarakat,” kata Bupati Gidion Mbilijora.
Kupang (ANTARA) - Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora mengutarakan pelaksanaan Parade Kuda Sandelwood yang akan digelar tahun-tahun selanjutnya di daerah itu akan diwarnai dengan bursa jual beli Kuda Sandelwood yang dimiliki masyarakat setempat.

“Bursa jual beli kuda akan mewarnai kegiatan Parade Kuda Sandelwood selanjutnya karena sudah terbukti memberikan keuntungan langsung bagi masyarakat,” katanya kepada ANTARA ketika dihubungi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (29/7).

Ia mengatakan hal itu terkait upaya Pemerintah Sumba Timur menjadikan kegiatan Parade Kuda Sandelwood yang dipadukan dengan Expo Tenun Ikat sebagai kegiatan yang mampu mendatangkan keuntungan bagi masyarakat setempat.

Menurut Bupati Gidion, kegiatan parade yang baru selesai digelar, telah mendatangkan banyak manfaat bagi pemerintah dan masyarakat setempat, karena para pihak langsung menawarkan kudanya kepada pengunjung, baik kuda beban maupun kuda pacu.

“Dan terbukti dalam kegiatan itu ada transaksi yang terjadi. Hanya saja tidak dilakukan secara masif sehingga kami akan padukan dengan paket kegiatan pada tahun-tahun selanjutnya, sehingga memudahkan pengunjung dari luar bisa memiliki Kuda Sandelwood tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan untuk selanjutnya ketika pendaftaran kepesertaan kegiatan Parade Kuda Sandelwood dibuka, pemerintah juga akan mendata kuda-kuda milik masyarakat yang akan dipasarkan.

Menurut Gidion, jumlah kuda yang ikutkan dalam Parade Kuda Sandelwood di tahun selanjutnya sesuai permintaan dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. “Pak Gubernur meminta kalau bisa pada 2020 paling kurang ada 5.000 ekor kuda Sandelwood dilibatkan dalam kegiatan dimaksud," katanya.

Ia menambahkan selain keuntungan bagi masyarakat, Parade Kuda Sandelwood juga memberikan manfaat dari aspek promosi pariwisata Sumba Timur yang semakin dikenal hingga ke mancanegara.

Baca juga: Parade kuda sandelwood untungkan Sumba Timur
Baca juga: Parade kuda sandalwood berdayakan peternak Sumba